Manfaat kalium untuk kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - February 28, 2017
Manfaat kalium untuk kesehatan - Kalium memiliki peranan yang penting sekali untuk kesehatn tubuh kita. Seperti yang telah diketahui kalau kalium adalah elektoit yang memiliki banyak peran dalam menjalankan fungsi tubuh manusia. Sifat kalium adalah basa dan 5% kalium berasal dari jumlah kandungan mineral yang terdapat di dalam tubuh. Kalium mudah untuk diserap, namun hampir 90% nya dibuang lewat ginjal. Jadi kalium juga berperan penting dalam mengeluarkan limbah dan raccun dalam tubuh. Pada saat kalium bekerja dengan natrium, maka kalium mengatur air beserta keseimbangan asam basa dalam sel tubuh kita.
Manfaat kalium untuk kesehatan
Buah sumber kalium
Pada tubuh yang kondisinya sehat, secara alami tubuh akan menyeimbangkan kadar kalium. Tetapi, penyakit yang berpengaruh pada hati dan ginjal bisa menguras kadar kalium tubh lewat buang air kecil secara berlebihan atau bisa juga keringat berlebihan. Kadar kalium bisa terkuras apabila kita kehilangan cairan tubuh secara berlebihan, seperti ketika kita sedang muntah atau diare dan juga ketika kita sedang berlatih dengan sering. Untuk itulah kita butuh mengkonsumsi makanan yang ada kandungan kaliumnya apalagi untuk seorang atlet lari dan atlet sepeda yang merupakan olahraga yang banyak mengelurkan cairan tubuh (keringat).  Apabila kita banyak mengeluarkan keringat tetapi tidak diimbangi dengan asupan makaan yang banyak kandungan kaliumnya maka tubuh akan mudah capek dan lelah.
Kalium bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi sayur dan buah namun seorang olahragawan biasanya lebih suka memillih minuman olahraga untuk memperoleh asupan kalium. Namun sesudah diteliti minuman olahraga dibandingkan dengan buah pisang, buah pisang lah yang merupakan penghasil energi alami dalam dunia kebugaran. Anggapan ini didukung oleh sebuah studi, dimana daya tahan atlet pesepeda akan lebih berlimpah pada saat mengkonsumsi pisang daripada minuman olahraga. Oleh sebab itu kita harus lebih jeli apabila berkeinginan untuk menambah asupan kalium untuk tubuh kita. Berikut ini adalah sayuran serta buah-buahan yang mempunyai banyak kandungan kalium.
Makanan yang kaya kandungan kalium
- Buah Pisang
Ternyata buah pisang yang ukurannya sedang mempunyai kandungan 524 miligram kalium. Untuk memperoleh tenaga ekstra pisang hrus dikonsumsi sekitar 11 persen dari 4.700 miligram. Banyak sekali kan kandungan kalium dalam buah pisang, makanya mulai saat ini jangan sungkan untuk memakan buah pisang.
- Buah Alpukat
1 buah alpukat mempunyai kandungan kalium lebih dari 2 kali dari kandungan kalium yang terdapat dalam buah pisang yaitu sekitar 975 miligram.
- Kentang
Selain buah pisang dan alpukat ternyata kentang juga mengandung kalium yang amat tinggi. Kentang dengan ukuran medium mempunyai kandungan kalium kurang lebih 442 miligram serta mendorong antioksidan beta karoten.
- Kacang
Beberapa jenis kacang banyak mengandung protein dan serat. Secangkir kacang putih mengandung kalium sebesar 1.189 miligram. Secangkir kacang kedelai mengandung kalium sebesar 970 miligram. Secangkir kacang kapri mengandung 707 miligram kalium.
- Ikan
Ikan halibut dalam kemasan sekitar 85 gram mengandung kalium sebanyak 449 miligram. Selain ikan halibut makanan laut yang baik yaitu kerang dan salmon.
Kini kalian sudah mengerti kan ntuk memperoleh asupan kalium tidak peerlu mengkonsimsi makanan yang mahal. Ada banyak manfaat kalium untuk kesehatan tubuh kita, maka seringlah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium.

Manfaat kalium untuk kesehatan

Kalium menurunkan tekanan darah

Telah dijelaskan oleh para ilmuan kalau suplemen kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Studi lain mengatakan kalau peningkatan asupan kalium dapat mengurangi resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Sedangkan efek ini tidak disetujui oleh semua studi, sebab para peneliti tidak menjumpai pengaruh suplemen kalium terhadap tekanan darah. Sehingga diambil kesimpulan tengahnya yaitu mungkin mengkonsumsi yang mengndung kalium dapat menurunkan tekanan darah tinggi apabila penderita tidak memperoleh mineral ini dengan cukup.

Manfaat kalium menambah kecerdasan otak

Ternyata mengkonsumsi yang mengandung kalium sangat bermanfaat untuk kesehatan fungsi otak agar tetap sehat. Kalium membantu membawa oksigen ke otak, supaya memperoleh makanan yang cukup. Selain itu kalium juga berperan daam mengirimkan neurotransmitter di otak supaya memberikan sinyal kepada saraf. Kalium penting sekali supaya sraf tetap sehat dan bekerja secara normal.

Manfaat kalium untuk ginjal agar tetap sehat

Kalium ternyata juga berfungsi untuk menjaga kalsium supaya tidak membentuk batu pada ginjal. Ginjal menyaring kalium serta mengeluarkan lewat urin. Dengan begitu bisa dibilang kalium dapat memberikan manfat untuk kesehatan ginjal.
Bagaiaman sekarang sudah tahu kan apa itu Manfaat kalium untuk kesehatan, semoga informasi di atas bisa membantu kalian.


Artikel Terkait