Manfaat atau fungsi vitamin C untuk tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 19, 2014
Apa sajakah manfaat dan fungsi vitamin C untuk tubuh? Bagi yang belum tahu, bisa belajar dari artikel ini, karena dalam artikel ini akan saya bahas tentang manfaat dan fungsi vitamin C. Sebutan lain dari vitamin C adalah asam askrobat yang mempunyai peranan baik untuk kesehatan. Jika vitamiin C dalam tubuh tidak terpenuhi atau kekurangan maka akan menimbulkan sebuah penyakit, maka dari itulah cukupi kebutuhan vitamin C secukupnya dengan mengkonsumsi buah/ makanan yang mengandung vitamin C karena vitamin C tidak dapat dihasilkan secara langsung oleh tubuh.
Manfaat atau fungsi vitamin C untuk tubuh

Dari hasil studi dan penelitian menyatakan bahwa vitamin C merupakan senyawa yang membentuk kaloge yaitu protein penting sebagai penyusun jaringan kulit, karena itulah vitamin C sangat baik untuk kesehatan kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin C untuk kesehatan kulit:
- Manfaat vitamin C sebagai antioksidan.
- Manfaat vitamin C untuk meningkatkan sintetis collagen.
- Manfaat vitamin C untuk mengurangi garis halus dan juga kulit berkerut.
- Manfaat vitamin C untuk memproduksi collagen.
- Manfaat vitamin C untuk memperbaiki kondisi kulit yang pucat dan kusam.
- Manfaat vitamin C untuk mencerahkan kulit, supaya kulit lebih sehat dan bercahaya.
- Manfaat vitamin C untuk menekan pigmentasi yang disebabkan pengaruh UV B.
- Manfaat vitamin C untuk melindungi kulit dari gangguan radikal bebas.
Selain untuk kesehatan kulit terdapat mannfaat lain untuk kesehatan tubuh, berikut ini manfaat Vitamin C bagi tubuh:
- Manfaat vitamin C untuk kebugaran tubuh.
Vitamin C mempunyai fungsi yang dapat menangkal radikal bebas, selain itu vitamin C juga dapat membantu menurunkan laju mutasi dalam tubuh, dengan begitu maka kebugaran tubuh akan selalu terjaga jika seseorang cukup mendapat asupan vitamin C.
- Manfaat vitamin C untuk memperbaiki kulit.
Salah satu antioksidan yang banyak diperlukan tubuh adalah vitamin C. Vitamin C mamapu menetralkan gangguan radikal bebas yang menumpuk yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan usia. Dengan tercukupinya kebutuhan vitamin C untuk tubuh maka dapat memperbaiki tanda-tanda penuaan, pigmen tidak merata, garis-garis halus, tekstur dan warna kulit.
- Manfaat vitamin C untuk mencegah munculnya penyakit kanker.
Sekarang ini, banyak sekali makanan-makanan ringan yang mengandung banyak mengandung bahan pengawet yang dapat menyebabkan kanker. Tetepi dari studi dan penelitian yang ada menyatakan kalau diantara beberapa wanita yang mendapat asupan vitamin C dari makanan/ sayur-sayuran/ buah-buahan ata dapat juga dari suplemen maka resiko terserang penyakit kanker akan lebih rendah.
- Manfaat vitamin C untuk mengurangi resiko serangan strok.
Dari hasil studi dan penelitian menyatakan kalau seseorang banyak mengkonsumsi buah segar/ makanan yang banyak mengandung vitamin C maka akan terhindar dari penyakit strok.
Begitu pentingnya vitamin C untuk kesehatan tubuh kita, maka dari itu cukupilah kebutuhan vitamin C agar tubuh kita selalu dalam keadaan sehat, untuk mencukupinya kita dapat memakan buah-buahan seperti buah jeruk/ sayur sayuran yang mengandung vitamin C atau dapat juga membeli suplemen vitamin C. Cukup sekian penjelasan yang bisa saya berikan tentang manfaat atau fungsi vitamin C untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait