Manfaat Buah Melinjo Untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 06, 2014
Tahukah anda dengan buah melinjo? Pastinya tahu ya, karena buah melinjo ini cukup sekali terkenal yaitu sebagai bahan pembuatan kerupuk emping. Sebenarnya buah menlinjo ini mempunyai manfat dan khasiat untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat buah melinjo untuk kesehatan? Mari kita bahas dalam artikel ini.
Manfaat Buah Melinjo Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat buah melinjo untuk kesehatan
- Manfaat buah Melinjo sebagai peluruh kencing
Banyak sekali kandungan dalam melinjo, daun melinjo mengandung saponin dan flavoid sedangkan bijinya mengandung tanin, flavoid dan saponin. Melinjo juga mengandung efek farmakologis yang berkhasiat sebagai pelurh kencing/ air seni.
Untuk mengatasi peluruh air seni caranya yaitu: kukus kulit buah melinjo segar sebanyak 50 gram, kemudian makan sekaligus.
- Manfaat melinjo untuk mengobati gigitan anjing.
Buah melinjo muda atau daun melinjo secukupnya dicuci bersih, tambahkan bawang putih sebanyak 2 siung, bisa juga bawang merah, dan juga tambahakan temulawak 1 jari. Setelah itu bahan-bahan tersebut ditumbuk sampai halus, Setelah itu balurkan pada bagian yang terluka akibat gigitan anjing.
- Manfaat melinjo untuk mengobati penyakit mata, anemia dan busur lapar
Makan buah melinjo dan daunnya yang sudah dimasak atau disayur.
Sekarang sudah tahu kan ternyata bahan dasar untuk membuat kerupuk emping ini mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Sekian pembahasan yang bisa saya sampaikan tentang Manfaat buah melinjo untuk kesehatan, mungkin sebenarnya dibalik itu semua masih banyak sekali manfaat yang terkandung dalam melinjo. Baca juga artikel sebelumnya: Manfaat dan khasiat kencur untuk kesehatan.


Artikel Terkait