Manfaat lada hitam atau merica untuk kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 05, 2014
Lada  hitam merupakan tanaman yang bersifat pedas, sedikit pahit, hangat dan juga antipiretik. Selain itu lada hitam juga mengandung kimia seperti minyak lemak, inyak lada dan juga pati. Tanaman lada hitam ini yang sering disebut merica, tanaman ini mempunyai nama latin Piper Albi Linn memang sudah dikenal sejak dulu. Para penjajah dulu sangat menginginkan tanaman ini mungkin karena banyak sekali manfaat yang terkandung dalam merica. Maka dari itulah pada pembahasan ini saya akan berbagi tentang manfaat lada hitam/ merica untuk kesehatan.
Manfaat lada hitam atau merica untuk kesehatan

Banyak sekali manfaat Merica/ lada hitam untuk kesehatan yang mungkin belum anda ketahui, apa sajakah manfaat nya itu? Silahkan anda baca berikut ini adalah manfaat dan khasiat merica untuk kesehatan.
- Manfaat merica untuk mengurangi ketombe.
Merica ternyata dapat membunuh bakteri pada kulit kepala, hal ini dikarenakan meica bersifat antibakteri dan anti peradangan.
- Khasiat merica untuk mencegah Jerawat
Ternyata lada hitam/ merica bisa dijadikan sebagai masker alami yang dapat mengatasi jerawat. Hal ini karena merica menutrisi kulit, antibakteri, dan juga dapat memperlancar jalannya oksigen dalam kulit. Untuk mengatasi jerawat anda juga bisa memanfaatkan buah bengkuang silahkan anda lihat langsung: Manfaat dan khasiat buah bengkoang untuk kesehatan.
- Manfaat lada hitam untuk menyembuhkan flu dan demam.
Dengan cara menambahakan lada hitam/ merica kedalam semangkuk sup, maka hidung dan tenggorokan anda akan terasa lebih lega dan juga akan terasa lebih rileks.
- Khasiat lada hitam untuk mencegah kanker.
Berdasarkan hasil studi dari Michigan Cancer Center, menyatakan bahwa lada hitam bisa memberikan reaksi yang baik untuk penyembuhan penyakit kaneker payudara. Hal ini dikarenakan merica/ lada hitam mengandung zat piperine yang fungsinya mencegah perkembangan dari sel kanker payudara. Selain itu ternyata dalam lada hiam/ merica mengandung vitamin A, viamin E, karoten, flavonoid dan juga antioksidan lain yang bermanfat untuk membantu mengatasi radikal bebas dalam tubuh kita.
- Manfat merica untuk mengatasi masalah pencernaan.
Merica ternyat dapat mengatasi permasalahan seperti perut kembung, mual, diare, dan susah buang air besar. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan merica ke dalam bumbu masakan maka dengan cara itulah permasalahan pencernaan akan teratasi.
- Khasiat merica untuk menurunkan Berat Badan.
Menurut hasil penelitian, dalam merica/ lada hitam terkandung phytonutrient yang berfungsi untuk menghancurkan sel-sel lemak dalam tubuh, sehingga berat badan tubuh akan menurun.
Mungkin masih ada manfaat merica untuk kesehatan yang lain yang belum saya ketehui, namun hanya itulah yang saya ketahui semoga penjelasan tentang manfaat lada hitam diatas dapat bermanfaat.


Artikel Terkait