Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 08, 2014
Jika sebelumnya berbagi tentang manfaat rumput laut, kali ini saya akan berbagi manfaat rumput teki. Nama latin dari rumput teki adalah Cyperus rotundus, rumput teki tergolong dalam kelompok familia Cyperacceae. Rumput teki ini termasuk tanaman gulma pengganggu tanmaan pertanian. Rumput ini tergolong sangat sulit dibrantas karena memiliki umbi dan akar yang sangat panjang yang membuat rumput tersebut dapat tumbuh kembali walaupun batangnya sudah kering. Orang-orang banyak yang jengkel dengan keberadaan rumput ini karena rumput ini mengganggu keindahan taman. Meskipun rumput penggangu tetapi rumput ini ternyata mempunyai manfaat untuk kesehatan karena umbi rumput teki ini mengandung senyawa aktif diantaranya yaitu: Sineol, Flavonoid, Alkaloid, Siperon, Pinen, Siprenon, Rotunal dan lain-lain. Untuk mendapatkan rumput ini tidaklah sulit karena banyak kita temukan disekitar kita. Ingin tahu apa sajakah Manfaat rumput teki untuk kesehatan? silahkan anda simak penjelasan yang saya sampaikan dalam artikel ini.
Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan
- Manfaat rumput teki untuk mengatasi kencing batu.
Untuk mengatasi busung air dan kencing batu caranya yaitu umbi rumput teki digeprak setelah itu seduh menggunakan air panas.
- Manfaat rumput teki untuk mengobati penyakit kulit.
Tepung yang berbahan dari umbi rumput teki dapat dipakai untuk bedak anti nyamuk yang aromanya mentol. Selain itu dapat juga digunakan sebagai obat penyakit kulit seperti kadas, panu, dan luka dengan cara dicairkan dengna sedikit air.
- Manfaat rumput teki untuk mengurangi kulit biru akibat benturan.
Cuci rumput teki yang masih seggar, setelah itu giling. Jika sudah tempelkan ke bagian yang sakit.
- Manfaat rumput teki untuk memperlancar buang air kecil.
Caranya yaitu membuat ramuan dari umbi rumput teki, daun pegagan dan juga alang-alang.
- Manfaat rumput teki untuk mengobati kuku bengkak.
Anda tumbuk biji kenari dan umbi rumput teki sampai halus, setelah itu dibungkus menggunakan daun. Selanjutnya anda panaskan, kemudian tempelkan pada bagian kuku yang sakit/ dibalutkan.
Manfaat lain dari rumput teki yaitu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit-penyakit wanita diantaranya yaitu:
- Manfaat rumput teki untuk mengatasi keputihan
Sediakan umbi rumput teki yang kering sebanyak 10 gram, kulit delima kering sebanyak 15 gram. Selanjutnya semua bahan tersebut direbus menggunakan air sebanyak 500 cc sampai tersisa 200 cc. Jika sudah saring dan minumlah airnya.
Manfaat rumput teki untuk memperlancar haid.
Siapkan rumput teki sebanyak 10 gram, setelah itu direbus menggunakan air 400 ccc sampai airnya tinggal setengahnya, kira-kira 200 cc. Selanjutnya anda saring dan airnya diminum.
Bagaimana cukup banyak kan manfaat rumput teki untuk kesehtan. Semoga apa yang saya bagikan diatas dapat anda manfaatkan untuk mengatasi permasalahan.


Artikel Terkait