Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 07, 2014
Lengkuas  sering disebut dengan laos adalah tumbuhan jenis umbi-umbian. Tumbuhan laos ini banyak tumbuh di daerah tropis, dapat hidup di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Laos mempunyai bentuk hampir mirip seperti kunyit dan jahe yang membedakan yaitu pada saat lengkuas masih mudah warnanya kemerah-merahan dan aromanya yang khas menegarkan sehingga tidak heran jika banyak orang yang menjadikan lengkuas sebagai bumbu masakan tradisional. Tetapi lengkuas tidak hanya dimanfaatkan untuk bumbu masak saja, lengkuas juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Apa sajakah Manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh? Sebelum saya sampaikan manfaat-manfaatnya akan saya sampaikan kandungan dalam lengkuas, diantaranya yaitu: Minyak astiri yang terdiri dari methyl-cinnamae, galangol dan juga sineol. Selain itu juga terdapat kandungan seskuiterpen, kamfer, resin, kadien, amilum, heksabidrokadalen hidrat, dan masih banyak lagi. Itulah yang membuat lengkuas dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit.
Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh

Di bawah ini adalah beberapa manfaat lengkuas untuk Kesehatan:
- Manfaat lengkuas untuk mengatasi penyakit kulit seperti kurap dan panu.
- Khasiat lengkuas untuk mengurangi kembung akibat masuk angin.
- Manfaat lengkuas untuk aphrodisiak/ obat kuat.
- Khasiat lengkuas untuk mengurangi demam disertai pembesaran limpah.
- Manfaat lengkuas untuk menghilangkan bercak-bercak hitam pada kulit.
- Khasiat lengkuas untuk mengatasi radang telinga.
- Manfaat lengkuas sebagai pembersihan sehabis bersalin (nifas).
- Khasiat lengkuas untuk mengobati sakit gigi karena dinginnya angin.
- Manfaat lengkuas untuk mengobati penyakit diare.
Selain manfaat/ khasiat yang saya sebutkan tersebut lengkuas juga dapat digunakanuntuk mengobati penyakit-penyakit berikut ini.
- Manfaat Lengkuas untuk mengobati Impotensi.
Bahan yang diperlukan:
Umbi lengkuas 2 rimpang sebesar ibu jari,  umbi halia 3 rimpang sebesar ibu jari, jeruk nipis 2 buah, merica 1 sendok teh, garam 1 sendok teh dan ragi tape 1.
Proses membuatnya:
Umbi lengkuas dan umbi halia diparut kemudian ambil airnya dengan cara diremas-remas. Setelah itu dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Setelah itu rebus mengguankan air 1 gelas sampai merata.
Cara penggunaan:
Ramuan tersebut diminum 1 x sehari. Atau dpat juga diminum pada pagi dan malam hari sebelum tidur.
- Manfaat Lengkuas untuk meningkatkan nafsu makan.
Bahan yang diperlukan:
Lengkuas sebesar ibu jari 1 rimpang, mengkudu mentah 3 buah, kencur sebesar ibu jari 0,5 rimpang, ketumbar 0,5 sendok teh bubuk, bawang putih 1 siung, buah asam jawa masak 3 mata, gula merah 1 potong, jakeling, jalawe.
Proses pembuatan:
Seluruh bahanyang disediakan tersebut direbus menggunakan air sebanyak 2 gelas hingga airnya tersisa 1 gelas. Jika sudah di dinginkan. Minum sehari 2x  pada waktu pagi dan sore hari dengan takaran tiap meminum yaitu 0,5 gelas.
Bagaimana lumayan banyak kan manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh, maka dari itu setelah anda baca artikel ini jangan sungkan-sungkanuntuk mengkonsumsi lengkuas karena banyak sekali khasiatnya. Semoga informasi yang saya berikan diatas bisa menjadi masukkan buat anda.


Artikel Terkait