Manfaat dan fungsi kalium untuk kesehatan tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 06, 2014
Pembahasan kali ini saya akan membahas tentang manfaat dan fungsi kalium untuk kesehatan tubuh. Kalim berperan sangat penting untuk kesehatan tubuh, karena kalium adalah elektrolit yang cukup berperan banyak untuk menjalankan fungsi tubuh manusia. Sifat kalium adalah basa, 5 % kalium bersumber dari total kandungan mineral yang terdapat dalam tubuh. Dalam proses penyerapan kalium tergolong mudah diserap, namun 90% nya dibuang lewat ginjal, sehingga kalium juga berperan penting dalam mengeluarkan racun dan limbah dari dalam tubuh. Pada saat kalium bekerja dengan natrium, kalium mengatur seimbangnya asam basa dalam sel tubuh.

Berikut ini adalah sumber makanan yang kaya dengan Kalium.
• Pisang
Buah pisang satu yang ukurannya sedang ternyata mengandung 524 miligram kalium. Sekitar 11 % dari 4.700 miligram pisang harus dikonsumsi untuk memperoleh tenaga ekstra. Jadi sekarang jangan menolak untuk mengkonsumsi buah pisang karena ternyata buah pisang banyak sekali kandungan kaliumnya.
• Alpukat
Buah alpukat 1 mengandung kalium lebih dari 2 kali lipat dari kalium yang terkandung pada buah pisang.
• Kacang
Secangkir kacang putih mengandung kalium sebesar 1.189 miligram. Secangkir kacang kapri mengandung kalium sebesar 707 miligram. Secangkir kacang kedelai mengandung kalium sebesar 970miligram.
• Kentang
Kentang ternyata mengandung kalium yang cukup tinggi. Kentang yang ukurannya sedang mengandung kalium sekitar 442 miligram.
• Ikan
Ikan halibut dalam kemasan sekitar 85 gram mengandung kalium sebanyak 449 miligram. Selain halibut ternyata salmon dan karang merupakan makanan laut yang baik.
Sudah tahukan untuk memperoleh asupan kalium tidak perlu membeli makanan yang mahal, karena makananyang murah seperti pisang pun sangat penting bagi tubuh.
Berikut ini Manfaat Kalium Untuk kesehatan tubuh:
• Manfaat kalium untuk mengurangi tekanan darah tinggi
Kalium ternyata dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian menyatakan bahawa dengan meningkatkan asupan kalium ternyata mamapu mengurangi resiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Tetapi tidak semua penelitian setuju dengan penelitian tersebut, karena peneliti tidak menemukan pengaruh suplemen kalium tehadap tekanan darah. Sehingga bisa disimpulakan atau diambil tengah-tengahnya kemungkinan kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi bila yang menderita tekanan darah tinggi tidak cukup memperoleh asupan minaral.
• Manfaat kalium untuk menambah kecerdasan otak
Dengan meningkatkan asupan kalium dalam tubh kita ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan dan menambahkan kecerdasan otak. Kalium juga mempunyai peranan penting untuk mengirimkan neurotransmitter di otak supaya bisa mengirimkan sinyal ke saraf.
• Manfaat kalium untuk menjaga kesehatan ginjal
Kalium ternyata bekerja untuk menjaga kalsium, supaya tidak membentuk batu di ginjal. Kalium akan disaring di ginjal dan dikeluarkan melalui urine.
Itulah beberapa manfaat dan fungsi kalium untuk kesehatan tubuh, semoga penjelasan yang saya berikan dalam artikel ini dalpat bermanfaat buat anda.


Artikel Terkait