Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 27, 2014
Pada pembahasan beberapa waktu lalu saya perman membahas tentang buah yang berduri yaitu Manfaat buah durian Untuk Kesehatan, dan kali ini saya juga akan membahas buah yang berduri juga yaitu Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan. Buah nanas kadang kala ada orang yang menyebutnya buah nenas atau buah ananas. Buah nanas mempunyai nama latin Ananas Comsus. Asal mula buah nanas diperkirakan berasal dari Negara yang beriklim tropis yaitu Negara Brazil, Paraguay dan juga Bolivia. Tumbuhan nanas tumbuhnya rendah dan buahnya mempunyai kandungan Vitamin C dan Vitamin A yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusian. Karena itulah pada pembahasan kali ini saya kan mengupas tentang manfaat/ khasiat buah nanas.
Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Di Indonesia buah nanas cukup mudah untuk ditemukan di daerah pedesaan. Selain itu buah nanas juga banyak di jual di pasar tradisonal dengan harga yang murah. Oke langsung saja Berikut ini adalah Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan:
- Manfaat Buah Nanas Untuk  Membantu melunakkan makanan di dalam lambung.
Kandungan enzim bromelain dalam buah nanas bermanfaat untuk membantu melunakkan makanan di dalam lambung. Fungsi dari enzim bromelain adalah sebagai antiradang dan juga sebagai penghambat tumbuhnya sel kanker.
- Manfaat Buah Nanas Untuk Mengatasi peradangan kulit.
Untuk mengatasi permasalahan peradangan pada kulit dengan buah nanas caranya yaitu: ambil separo/ setengah bagian dari buah nanas yang sudah matang. Kemudian kulitnya dikupas, jika sudah parut buah nanas tersebut. Gunakan hasil prutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang bersisik/ terkelupas. Lakukan cara ini pada waktu malah hari sebelum tidur. Kemudian pada esok harinya baru dibersihkan.
- Manfaat Buah Nanas Untuk  Mencegah kanker.
Kandungan vitamin C dan Vitamin A dalam buah nans bersifat antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Jika radikal bebas tidak bisa masuk ke tubuh, maka pertumbuhan sel kanker bis dicegah karena yang memicu pertumbuhan kanker adalah radikal bebas.
- Manfaat Buah Nanas Untuk  Melancarkan haid.
Buah nanas yang muda dapat berpotnsi abortivum. Abortivum yaitu sejenis obat yang bisa menggugurkan kandungan. Karena itulah buah nanas bisa dikonsumsi untuk meperlancar haid. Pesan: Bagi wanita yang sedang hamil, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah nanas muda.
- Khasait Buah Nanas Untuk Mengatasi masalah ketombe.
Untuk mengatasi ketombe dengan buah nanas caranya yaitu sediakan seperempat bagian dari buah nanas yang sudah matang, kemudian kulitnya dikupas dan parut buah nanasnya. Selanjutnya tambahkan air nanas tersebut denggan air perasan 1 jeruk nipis kemudian diaduk sampai rata. Campuran tersebut kemudian anda gunakan untuk menggosok bagian kulit kepala yang ketombean. Lakukan cara tersebut pada waktu malam hari sebelum tidur, kemudian esok harinya baru dibersihkan dengan berkeramas. Sebaiknya dalam seminggu dilakukan selama 2 sampai 3 kali.
- Khasiat Buah Nanas Untuk Mengatasi sembelit.
Penyebab sembelit adalah kurangnya makanan yang berserat. Buah nanas mempunyai kandungan serat yang lumayan sehingga jika dikonsumsi bisa mengatasi masalah sembelit. Caranya, buah nanas bisa dibuat jus dengan memilih nanas yang tidak terlalu masak dan rasanya masih asam.
- Manfaat Buah Nanas Untuk  Meningkatkan gula darah.
Kandungan kadar gula dalam buah nanas lumayan tinggi. Sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang kadar gulanya rendah.
Sekarang sudah tahukan Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan manusia, mari kita membudidayakan buah nanas. Manfaatkan kebun sebagai lading obat tradisional. Sampai disini dulu pembahasan kali ini mudah-mudahan apa yang saya sampaikan diatas bermanfaat.


Artikel Terkait