Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 10, 2014
Buah pare berasal dari Kawasan Asia Tropis terutama di daerah india barat yaitu Burma dan Assam. Buah Pare mempunyai rasa agak pahit, biasanya buah pare sering dimanfaatkan sebagai sayur. Sebenarnya selain sebagai sayur buah pare juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, maka dari itu pada kesempatan ini saya membahas tentang Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan.
Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan

Nama latin dari tumbuhan pare adalah Momordica. Buah ini berwarna hijau agak kekuningan, dan pada saat sudah masak berubah sedikit kemerah-merahan. Berikut ini adalah Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan:
- Manfaat/ Khasiat Buah Pare Untuk obat Diabetes.
Buah pare dapat menurunkan kadar gula dalam darah karena buah pare bersifat hipoglikmik. Sifat inilah yang cocok sekali sebagai obat diabetes yaitu mampu menurunkan kadar gula darah yang berlebih. Buah ini tidak mengandung senyawa yang berbahaya sehingga tidak mempunyai efek samping dan baik digunakan dalam jangka panjang.
- Manfaat/ Khasiat Buah Pare Untuk Menekan Pertumbuhan Sel Kanker.
Pada pusat kanker university of Colorado telah dilakukan sebuah penelitian yang menghasilkan kesimpulan bahwa buah pare bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker pankreas.
Buah pare mempunyai kandungan yang dapat mempengaruhi metabolism glukosa yang sangat dibuhkan oleh sel kanker. Penyakit kanker pankreas banyak didahului oleh penyakit diabetes. Penyakit diabetes tipe 2 dapat diatasi dengan meminum jus pare.
Sebuah Percobaan dilakukan pada seekor tikus dengan kanker pankreas, pada percobaan tersebut menunjukkan bahwa jus buah pare mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker sampai 60%.
- Manfaat/ khasiat Buah Pare Untuk Membantu proses penurunan berat badan.
Buah pare mempunyai kandungan kalori yang rendah, sehingga buah pare cocok dijadikan sebagai salah satu menu untuk anda yang sedang melakjukan diet obesitas. Buah pare yang berasa pahit dapat berkurang pathitnya jika diremas menggunakan garam dapur/ dapat juga dikombinasikan dengan bahan makanan yang lain.
- Manfaat/ Khasiat Buah Pare Untuk Mempercantik Kulit.
Wajah yang kusam, berkerut dan rusak akibat terik matahari yang membakar kulit anda bisa anda atasi dengan memanfaatkan buah pare yaitu dengan menggunakan masker buah pare secara teratur. Wajah yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet sedikit demi sedikit akan kembali normal dengan memakai masker yang terbuat dari buah pare. Untuk Kecantikan dari buah-buahan yang lain bisa anda baca: Manfaat/ Khasiat Buah Bengkoang Untuk Kecantikan.
- Manfaat/ Khasiat Buah Pare Untuk Melegakan pernapasan.
Bagi anda yang sering sesak nafas ada kabar yang baik dari buah hijau yang baunya tidak enak ini. Sebenarnya rasa pahit dari buah pare ini dapat membangkitkan sel-sel pengecap pada saluran pernapasan untuk bergerak melebar. Sehingga saluran pernapasan menjadi lebih longgar dan sirkulasi udara menjadi lebih lancar.
Demikian penjelasan tentang Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan, semoga tubuh kita dalam keaddaan sehat selalu.


Artikel Terkait