Manfaat dan Khasiat Petai Untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 02, 2014
Manfaat Buah Petai untuk Kesehatan - Beberapa orang ada yang tidak suka dengan buah petai/ pete mungkin dikarenakan baunya yang menyengat, tetapi siapa sangka kalau buah petai yang mempunyai bau yang menyengat itu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
Manfaat dan Khasiat Petai Untuk Kesehatan

Biji Petai/ Parkia speciosa adalah pohon tropis tahunan dari suku Fabaceae/ polong-polongan. Parkia speciosa mempunyai kandungan gula alami yaitu glukosa, fruktosa dan sukrosa yang dikombinasikan dengan serat.
Bagi anda yang belum mengetahui manfaat dari petai berikut ini dalah manfaat petai/ pete:
- Manfaat petai sebagai obat anti Depresi:
Petai/ petai/ Parkia speciosa mengandung tryptophan, yaitu sejenis protein yang diubah oleh tubuh menjadi serotin yang mampu membuat relax, memperbaiki mood dan membuat orang lebih bahagia.
- Manfaat petai untuk Obat Hati dan Ginjal:
Radikal bebas sangat mudah kita temukan pada makanan yang digoreng atau dipanggang. Supreoksida anion, Hidrogen peroksida, dan hidroksil adalah contoh radikal bebas. Molekul menjadi tidak stabil, sanat rektif, dan kerusakan jaringan. Radikal bebas menjadi tidak berdaya pada saat berhadapan dengan antioksidan.
- Manfaat petai untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi:
Petai mempunyai kadar kalium yang lumayan tinggi namun kadar garamnya rendah, sehingga sangat cocok untuk mengatasi hipertensi/ tekanan darah tinggi. Bahkan US FDA memberikan izin kepada perkebunan Parkia speciosa/ petai untuk mengklaim resmi tentang buah yang mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko stroke.
Lihat juga artikel tentang: Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Kumis Kucing sebagai obat
Itulah beberapa manfaat dari Petai, sebetulnya masih banyak lagi manfaat dari petai namun hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga artikel yang berjudul Manfaat dan Khasiat Petai Untuk Kesehatan dapat menambah pengetahuan kita.


Artikel Terkait