Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 24, 2014
Buah Mangga biasanya disebut dengan mempelam, buah mangga termasuk dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae yang terdiri dari 35-40 anggota. Buah mangga mempunyai nama latin Mangifera Indica Mangga. Buah mangga sangat di kenal oleh masyarakat mungkin karena rasanya yang enak dan manis selain itu harganyapun sangat terjangkau. Buah mangga sangat mudah untuk ditanam karena tidak memerlukan perawatan khusus sehingga banyak orang yang menanamnya. Buah mangga juga mempunyai berbagai macam manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh maka dari itu pada pembahasan kali ini saya membahas tentang Manfaat buah mangga untuk Kesehatan.

Biasanya buah mangga yang matang dimakan ketika masih dalam keadaan segar. Buah mangga yang matang sangat cocok dibuat es campur, dalam bentuk irisan maupun diblander. Sedangkan buah yang masih muda biasanya dirujak. Buah mangga mempunyai kandungan Vitamin A dan Vitamin C yang bermanfaat sekali untuk tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan.
- Manfaat Buah Mangga Untuk Menurunkan Kolesterol.
Buah mangga mamapu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, hal ini dikarenakan buah mangga mengandung serat, pectin dan vitamin C yang cukup.
- Khasiat Buah Mangga Untuk Meningkatkan Kekebalan Dan daya tahan tubuh
Kandungan Vitamin A, Vitamin C dan juga 25 karotein dalam buah mangga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anda sehingga tubuh anda tetap sehat dan kuat.
- Manfaat Buah Mangga Untuk Antioksidan dan pencegahan kanker.
Buah mangga mempunyai kandungan senyawa antioksidan yang lumayan banyak sehingga cukup efektif dalam mencegah serangan kanker. Serangan kanker biasanya disebabkan karena banyaknya zat oksidasi yang dihasilkan tubuh. Zat Antioksidan yang terkandung dalam buah mangga berperan untuk mencegah kanker diantaranya yaitu isoquercitrin, quercetin, fisetin, astragalin, methylgallat, asam galat.
- Manfaat Buah Mangga Untuk Mencerahkan Kulit.
Senyawa yang terdapat di dalam buah mangga mempunyai khasiat untuk membersihkan pori-pori dan juga menghilangkan jerawat pada wajah, baik digunakan secara eksternal maupun internal.
- Manfaat Buah Mangga Untuk Menormalkan Kadar Insulin.
Daun buah mangga bermanfaat untuk membantu menormalkan kadar insulin di dalam darah. Buah mangga juga mempunyai indeks glikemik yang relative cukup rendah yaitu 41-60 sehingga mengkonsumsi mangga tidak akan berbahayakan kadar gula anda.
- Manfaat Buah Mangga Untuk kesehatan mata.
Takaran buah mangga secangkir itu memasok 25 persen harian vitamin A yang dibutuhkan. Mengkonsumsi buah mangga itu sangat baik untuk menjaga kejernihan penglihatan dan juga untuk mencegah kekeringan pada mata.
- Manfaat Buah Mangga Untuk Memenuhi Kebutuhan Alkali.
Kandungan Asam sitrat. Asam malat dan Asam traktat dalam buah mangga mampu membantu menjaga cadangan alkali dalam tubuh.
- Khasiat Buah Mangga Untuk Pengobatan Panas Dalam.
Panasnya sengatan sinar matahari bisa mengakibatkan kelelahan pada otot dan mengalami masalah diuretik. Selain itu juga bisa mengakibatkan ginjal mengalami kelebihan beban dalam menetralkan racun. Keadaan yang panas, maka suatu pendinginan tubuh perlu dilakukan yaitu dengan cara mengkonsumsi jus mangga.
- Khasiat Buah Mangga Untuk Meningkatkan Pencernaan.
Buah mangga mengandung serat yang cukup sehingga mampu membantu melancarkan pencernaan.Untuk melancarkan pencernaan baca juga artikel: Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya.
Demikian Penjelasan Tentang Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan, mudah-mudahan apa yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat buat kita semua. Mungkin masih banyak lagi manfaat-manfaat dari buah mangga yang belum saya ketahui dan mungkin akan saya bahas di lain waktu.


Artikel Terkait