Manfaat Buah Rambuatan Untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 09, 2014
Manfaat Buah Rambutan - Nama latin buah rambutan adalah Niphelium lappaceum, yang termasuk dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, yang berasal dari daerah Asia Tenggara.Buah Rambutan adalah buah yang bentuknya bulat terdapat rambut-rambut halus di bagian luarnya, pada bagian dalamnya dagingnya berwarna putih dan di dalamnya terdapat biji yang agak lonjong. Banyak orang yang suka dengan buah rambutan dikarenakan rasanya yang enak, tetapi dibalik rasanya yang enak ternyata buah rambutan mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Maka dari itulah pada pembahasan ini saya menyampaikan tentang Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan.
Manfaat Buah Rambuatan Untuk Kesehatan

Buah rambutan sebenarnya ada banyak jenisnya diantaranya yaitu sinyonya, simacan, ropiah, binjei, lebakbulus dan masih banyak lagi jenisnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah rambutan:
- Manfaat Buah Rambutan Untuk Mengobati Kencing Manis.
Sediakan 5 biji buah rambutan. Cuci biji tersebut hingga bersih, setelah itu gongseng biji tersebut diatas api sedang. Selanjutnya biji tersebut digiling hingga menjadi serbuk/ bubuk. Jika sudah seduh serbuk biji tersebut dengan secangkir air panas, Jika airnya sudah dingin maka bisa diminum sehari 2 kali.
- Manfaat Buah Rambutan Untuk Mengobati Sariawan
Untuk mengatasi sariawan yaitu sediakan 3 ruas jari kulit kayu rambutan. Setelah itu dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air putih hingga airnya tersisa 1 gelas. Jika sudah air perasan tersebut digunakan untuk berkumur selagi masih hangat.
- Manfaat Buah Rambutan Untuk Mengobati Demam
Sediakan kulit buah rambutan sebanyak 15 gram. Setelah itu cuci kulit buah rambutan tersebut hingga bersih. Selanjutnya kulit buah rambutan tersebut direbus dengan 3 gelas air putih kurang lebih selama 15 menit. Sesudah direbus, air didiamkan sampai dingin, kemudian disaring. Air hasil rebusan kulit buah rambutan tersebut bisa diminum sehari 3 kali masing-masing 1/3 bagian.
Selain dengan memanfaatkan buah rambutan untuk mengobati demam anda dapat juga memanfaatkan tanaman keladi tikus, sialahkan baca: Manfaat dan Khasiat Tanaman Keladi Tikus Untuk Kesehatan.
Bagi anda yang mengalami problem atau penyakit tersebut anda bisa mencoba alternatif dalam artikel yang berjudul Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan ini.


Artikel Terkait