Manfaat Dan Khasiat Belimbing Wuluh Sebagai Obat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 01, 2014
Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Obat- Pembahasan kali ini masih berbicara tentang Buah belimbing, yang sebelumnya kita bahas tentang Manfaat Buah Belimbing Untuk Kecantikan. Pada Pembahasan ini saya akan membahas tentang varian dari buah belimbing manis, yaitu buah belimbing wuluh. Buah belimbing wuluh bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan.
Manfaat Dan Khasiat Belimbing Wuluh Sebagai Obat

Buah belimbing yang kadang sering kita kenal dengan Belimbing sayur ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Kepulauan Maluku yang kemudian di Kembangkan dan Tumbuh secara bebas di seluruh Indonesia, Fillifina, Malaysia, Sri Langka Serta Miyanmar. Nah Sekarang mari kita lihat apa saja manfaat Belimbing Wuluh ini untuk Kesehatan.
Buah belimbing wuluh atau yang biasa disebut buah belimbing sayur adalah tumbuhan yang berasal dari kepulauan Maluku yang dikembangkan sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara luas di seluruh wilayah Indonesia, Malaysia, Filipina, Miyanmar dan Srilangka. Berikut ini adalah Manfaat belimbing wuluh sebagai obat:
1. Manfaat Belimbing Wulu Sebagai Obat Gondongan.
Sediakan 10 ranting muda belimbing wuluh beserta daunnnya. Sediakan 4 butir bawang merah. Kemudian Cuci ranting muda, daun dan bawang merah tersebut setelah itu tumbuk hingga halus. Balurkan di tempat yang sakit.
2. Manfaat Bimbing Wuluh sebagai Obat Batuk.
Persiapkan bahan-bahannya :
- 25 kuntum bunga belimbing wuluh.
- 1 jari kulit kayu manis.
- 1 jari rimpang temu-giring.
- 2 butir bawang merah.
- 1 jari rimpang kencur.
- 1/4 genggam daun inggu.
- 1/4 genggam daun saga.
- 1/4 genggam daun sendok.
- 1/4 genggam pegagan.
Berikut ini dCara Membuat Obat Batuk dari Belimbing Wuluh :
- Bahan-bahan yang telah dipersiapkan diatas dicuci bersih kemudian dipotong-potong secukupnya.
- Setelah itu direbus dengan 5 gelas air bersih hingga airnya sisa 2 1/4 gelas.
- Jika sudah dingin disaring, minumlah dengan madu secukupnya.
- Minum Sehari 3 kali 3/4 gelas.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang Manfaat dan Khasiat buah Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita.


Artikel Terkait