Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 25, 2014
Buah durian merupakan buah yang kulitnya berduri, dari namanya saja kita sudah mengetahui kalau buah ini berdruri. Buah durian mempunyai ciri-ciri Kulit berduri dan cukup keras dan tajam-tajam, selain itu buah durian juga mempunyai aroma yang sangat menyengat. Beberapa orang ada yang tidak menyukai aroma buah durian tetapi kebanyakan orang di Indonesia menyukai aroma buah durian. Mengenai rasa buahnya juga sama beberapa orang ada yang menyukainya dan ada yang tidak suka. Buah durian sampai saat ini belum diketahui pertama kalinya tumbuh itu di daerah mana tetapi buah ini dipercaya berasal dari kawasan Asia Tenggara. Di balik bentuk kulit buah yang berduri, buah durian mempunyai Manfaat/ khasiat untuk kesehatan, maka dari itulah pada pembahasan ini saya akan Membahas tentang Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan.
Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Nama latin buah durian adalah Durio zibethinus. Beberapa orang ada yang member julukan buah durian dengan julukan Raja dari segala buah atau dalam bahsa inggrisnya King Of Fruit. Terlepas dari beberapa kontroversi mengenai buah durian, buah durian mempunyai banyak Manfaat untuk Kesehatan. Berikut ini adalah Manfaat dan Khasiat Buah durian:
- Buah durian mengandung vitamin B yang berguna untuk kesehatan yaitu memperbaiki sistem syaraf dan meningkatkan mood.
- Buah durian mengandung mineral tembaga, mangan, magnesium dan zat besi sangat bermanfaat dalam memproduksi dan pembentukan sel darah merah dan juga mencegah terjadinya anemia.
- Buah durian mengandung kalium yang sangat dibutuhkan tubuh. Kalium merupakan elektrolit yang penting dari sel darah dan cairan tubuh berguna mengontrol detak jantung dan juga tekanan darah.
- Memakan Buah durian dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan susah tidur.
- Buah durian mengndung asam amino esensia dan tryptophan yang mampu merangsang metabolism tubuh sehingga lebih mudah untuk tidur. (disebut dengan “nature’s sleeping pill”).
- Buah durian mengandung zat tryptophan yang bermanfaat untuk mencegah stress, depresi dan bisa mengurangi rasa cemas secara alami.
- Buah durian mengandung vitamin B6, B12, kalsium, dan magnesium bermanfaat untuk menghilangkan efek kecanduan/ ketahian nikotin. Ini sangat cocok bagi seorang perokok aktif yang ingin berhenti merokok.
- Sama halnya dengan buah-buah tropis lainnya seperti alpukat, pisang, nangka. Buah durian juga kaya energy, vitamin, dan mineral. Di dalam 100 g buah durian segar terdapat 174 kalori yang berguna untuk tubuh kita.
- Buah durian jika dimakan dapat menghasilkan energi untuk tubuh secara instan, hal ini karena daging buah durian tersusun dari gula alami yaitu sukrosa dan fruktosa.
- Buah durian kaya akan serat yang bermanfat untuk melindungi selaput lender usus dan juga dapat mengikat bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker di usus besar.
- Kandungan anti oksidan dan vitamin C pada buah durian berkhasiat untuk membantu tubuh dalam mengembangkan daya tahan terhadap radikal bebas dan infeksi.
Sekarang anda suah tahu kan beberapa Manfaat dan Khasiat buah durian untuk kesehatan, bagi anda yang masih sungkan untuk memakan buah durian silahan dicoba, tetapi jangan makan berlebihan makan sekedarnuya saja. Baca juga arikel sebelumnya: Manfaat Buah Mangga.


Artikel Terkait