Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Kumis Kucing sebagai obat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 01, 2014
Nama latin dari tumbuhan kumis kucing adalah Orthosiphon aristatus. Tanaman iini merupakan tanaman obat yang berasal dari Indonesia. Tumbuhan Kumis kucing masih tergolong tanamanan dari famili Lamiaceae/Labiatae. Tumbuhan ini sangat terkenal mampu mengobati berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu maka pada kesempatan ini saya mengupas tentang Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Kumis Kucing Sebagai Obat.
Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Kumis Kucing sebagai obat

Sebenarnya tanaman kumis kucing ini mempunyai banyak nama/ sebutan diantaranya yaitu remujung, giri-giri merah, songot koneng, java tea, sesalaseyan, kidney tea plants, dan lain-lain. Namun masyarakat Indonesia lebih biasa menyebutnya dengan tumbuhan kumis kucing. Tumbuhan Kumis kucing ini bisa anda kenali dengan ciri-cirinya yang khas yaitu bunganya berbentuk kumis kucing dan daunnya berbentuk bulat lonjong, lanset, pada ujungnya lancip tetapi ada juga yang tumpul. Berikut ini adalah daftar Penyakit yang dapat diobati dengan tanaman Kumis Kucing:
- Encok.
- Batu ginjal.
- Syphilis.
- Radang ginjal.
- Kencing manis.
- Hipertensi.
- Albuminuria.
- Diuretic/ Memperlancar pengeluaran air kemih.
- Batuk.
- Rematik.
- Masuk Angin.
- Sakit Pinggang.
- Sembelit.
Baca juga artikel tentang Mafaat/ Khasiat Jahe Merah Untuk Kesehatan.
Itulah daftar dari Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing Sebagai Obat, Mudah-mudahan kedepannya saya mencoba menjelaskan tentang Pemanfaatan Tumbuhan Kumis kucing ini lebih rinci. Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan kita.


Artikel Terkait