Manfaat Tumbuhan Serai Untuk Kesehatan Mencegah Kanker dan Kolesterol

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 18, 2015
Manfaat tumbuhan serai untuk kesehatan –  serai merupakan rempah yang bisanya di gunakan di dalam berbagai makanan Asia, serai ini banyak di gunakan untuk bahan masak-memasak di dapur. serai ini juga di gunakan untuk memberikan aroma pada makanan sehingga bisa menambah cita rasa dari aromanya namun ternyata di balik itu, srai ii mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya serai ini dapat di gunakan pula menjadi obat.
Manfaat Tumbuhan Serai Untuk Kesehatan Mencegah Kanker dan Kolesterol

Ada banyak manfaat serai untuk kesehatan karena pada serai ini terdapat kandungan anti oksidan flavonoid dan senyawa fenolik, glikosida, quercetin, kaempferol, elimicin, assam caffeic, catechol, asam klogenat. Senyawa yang terdapat pada serai ini adalah lemonal atau citral, yang memiliki sifat anti jamur dan juga anti microba, serta juga menyediakan bau lemon yang berbeda-beda. minyak esensial yang terdapat pada serai juga dapat bermanfaat untuk memperkuat serta meningkatkan fungsi system saraf. Hal tersebut di karenakan minyak serai ini memberi efek yang menghangatkan, melemaskan otot serta dapat meredakan kejang-kejang.
Manfaat tumbuhan serai untuk kesehatan dapat mecegah penyakit kanker, serai ini efektif untuk mengobati jenis kanker tanpa mempengaruhi sel-sel tubuh yang normal dan juga sehat. ada penelitian yang dapat menjelaskan bahwa dalam setiap 100 gram serai ini mengandung zat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit kanker begitupula penelitian yang di lakukan oleh tim dari university Gurion di israel ini telah menemukan bahwa dalam serai ini terdapat senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.
Serai untuk kelesterol sehat, serah ini memiliki sifat anti hiperlipidemia dan hiper kolesterolimia, yaitu mendukung kadar kolesterol yang sehat. Dari penelitian yang di lakukan menunjukkan bahwa konsumsi serai secara rutin dapat memberikan hasil yang signifikan dalam mempertahankan tingkat sehat trigiserida serta dapat mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh.
Ituah berbagai Manfaat tumbuhan serai untuk kesehatan, bukan hanya harum aromanya saja tetapi serai ini mengandung banyak manfaat pula, sekian informasi yang saya sampaikan semoga informs ini bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan. Baca juga artikel tentang manfaat dan khasiat daun salam untuk kesehatan.


Artikel Terkait