Makanan yang Mengandung Vitamin K dan Manfaatnya untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 06, 2015
Manfaat dan fungsi vitamin K untuk kesehatan tubuh – Vitamin K merupakan vitamin hanya bisa larut dalam lemak. Vitamin K memiliki sifat tahan panas, akan tetapi cepat rusak bila tercampur dengan basa, asam dan sinar matahari. Fungsi vitamin K adalah memberikan  kurang lebih 80 nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita.
Makanan yang Mengandung Vitamin K dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat dan fungsi vitamin K untuk kesehatan tubuh antara lain :
1. Membantu proses pembekuan darah
2. Mencegah atau mengurangi resiko osteoporosis
3. Menurut penelitian ditemukan bahwa vitamin K, khususnya K1 bisa membantu mengobati diabetes.
4. Pada ibu yang baru melahirkan, disarankan mengkonsumsi vitamin K untuk mencegah penyakit hemoragik (perdarahan) pada bayi yang baru lahir melalui ASI.
5. Mencegah pendarahan hati yang seringkali disebabkan oleh pemakaian senyawa aspirin atau antibiotik yang berlebihan.
6. Membantu memperlambat proses pembentukan sel kanker di paru-paru dan hati.
Tanda-tanda yang perlu diwaspadai jika kita kekurangan vitamin K  yaitu ketika tubuh terluka, maka darah sulit membeku dan bisa menyebabkan pendarahan. Pada wanita, ketika menstruasi darah banyak yang keluar bisa jadi itu adalah pendarahan ringan pada dinding rahim. Tubuh akan udah memar jika terbentur benda tumpul. Pada saat kita cedera rentan terkena patah tulang. Gampang terserang osteoporosis.
Makanan yang mengandung vitamin K antara lain bayam, bayam baik dikonsumsi untuk memenuhi vitamin K, karena setiap 100 gr bayam mengandung 89 mcg. Timun, di dalam timun terkandung vitamin K kurang lebih 17 mg per 100 gramnya sehingga dapat meningkatkan aktivitas osteotrophic sehingga bisa memperkuat tulang. Kubis, satu porsi kubis mengandung kurang lebih 207 mg. Daun bawang, karena di dalam 100 lembar daun bawang mengandung 207 mg vitamin K. Asparagus, di dalam 100 gr asparagus, mengandung 144 mg vitamin K. Selain itu, vitamin K juga terdapat pada bunga kol, brokoli, tomat, seledri, blueberry, kacang polong, juga selada.
Itulah berbagai macam Manfaat dan fungsi vitamin K untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K, kita akan terhindar dari berbagai penyakit.


Artikel Terkait