Manfaat dan Pengertian Metabolisme

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 08, 2015
Manfaat dan Pengertian MetabolismePengertian metabolisme adalah suatu proses kimiawi yang tejadi pada tubuh makhluk hidup, dari yang bersel tunggal sampai manusia. Metabolisme berasal dari kata Yunani “Metabole” ynisme hang berarti perubahan. Manfaat metabolisme untuk manusia adalah untuk mempertahankan hidup, karena metabolisme di dalam tubuh manusia berguna untuk mencerna sesuatu yang masuk ke dalam tubuh manusia, contohnya melalui metabolisme makanan yang kita makan akan menghasilkan zat yang bisa menunjang kelangsungan hidup manusia, seperti halnya bernafas.
Manfaat dan Pengertian Metabolisme

Manfaat metabolisme bagi organisme hidup, antara lain : memperoleh energi kimia dalam bentuk ATP dari hasil degradasi zat-zat makanan yang kaya energi yang berasal dari lingkungan. Berguna untuk mengubah molekul zat-zat makanan (nutrisi) menjadi perkursor unit pembangun bagi biomolekul sel. Menyusun unit-unit pembangun menjadi protein, asam nikleat, lipida, polisakarida, dan komponen sel lain. Untuk membentuk dan merombak biomolekul.
Ada 2 jenis metabolisme, yaitu katabolisme dan anabolisme. Katabolisme, bertujuan untuk membongkar atau mengurai suatu molekul merupakan penguraian suatu zat menjadi partikel yang lebih kecil yang digunakan sebagai energi. Misalnya makanan yang berasal dari lingkungan diurai menjadi energi. Energi yang berguna untuk makhluk hidup beraktivitas. Sedangkan anabolisme yaitu reaksi perangkaian senyawa organik dari molekul-molekul tertentu sehingga dapat diserap oleh tubuh. Itulah sebagian dari Manfaat dan Pengertian Metabolisme.
Di dalam tunuh manusia terdapat 3 proses metabolisme, yang pertama metabolisme karbohidrat, yaitu penguraian polisakarida menjadi monosakarida. Dalam metabolisme karbohidrat inilah manusia bisa mendapatkan energi sehingga manusia bisa hidup dan beraktivitas. Kedua metabolisme protein, salah satu sumber nutrisi yang penting untuk tubuh adalah protein. Protein bisa didapat dari makanan melalui metabolisme. Fungsi metabolisme protein untuk tubuh antara lain adalah sebagai penyeimbang ph asam dan basa dalam tubuh, juga sebagai cadangan energi yang disimpan dalam tubuh. Ketiga metabolisme lemak, tubuh manusia memerlukan lemak antara 0,5-1 gram sehari. Metabolisme lemak terjadi di daerah yang mengandung lipase, yaitu usus yang nantinya akan disimpan di dalam hati.
Itulah Manfaat dan Pengertian Metabolisme bagi tubuh. Dengan artikel ini, kita jadi lebih tahu apa saja yang terjadi di dalam tubuh kita sehingga kita akan tergerak untuk menjaga kesehatan.Baca juga artikel tentang Manfaat vitamin C untuk tubuh.


Artikel Terkait