Bunga Kamboja Untuk Pengobatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 20, 2015
Manfaat dan khasiat bunga kamboja – tumbuhan kamboja tersebut ibarat paradoks yang mana pada satu sisi fisiknya tampak sangat indah tetapi karena sering ditanam pada area kuburan membuat tanaman tersebut identik dengan hal-hal berbau menakutkan. Sebenarnya, ada banyak kegunaan dari bunga kamboja ini, dan salah satunya ialah sebagai tanaman hias sebab sudah banyak keluarga tumbuhan kamboja yang dijadikan tanaman hias diantaranya adenium, mandevila, serta pachypodium. Dibawah ini Manfaat dan khasiat bunga kamboja yang mungkin saja belum anda ketahui.
Tanaman kamboja ternyata telah mengandung begitu banyak senyawa kimia yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain zat asam plumerat, argoniadin, asam serotinat, dan plumierid.
Bunga Kamboja Untuk Pengobatan

Sedangkan pada kulitnya mengandung sebuah zat pahit yang beracun serta getahnya mengandung damar dan juga asam plumeria. Namun untuk akar dan daunnya telah mengandung saponin, fenetilalkohol, polifenol, serta alkaloid.
Namun untuk senyawa fulvoplumierin yang ada pada hampir seluruh bagian dari tanaman ini juga bermanfaat guna menghambat disentri, TBC, radang saluran pernafasan, maupun hepatitis.

Manfaat bunga kamboja

Meredakan demam

Khasiat memakan bunga kamboja tersebut salah satunya untuk meredakan demam, batuk, dan melancarkan pengeluaran dari air seni, mencegah terjadinya pingsan, mengobati mencret.

Bunga kamboja untuk sakit gigi dan antibiotik

Pada getah kamboja juga mengandung alkaloid, flavonoid, tanin, dan triterpenoid sehingga sangat bermanfaat sebagai antibiotik, pastinya juga dengan takaran yang sesuai. Tanaman kamboja juga sangat ampuh dalam mengobati sakit gigi yang berlubang. Dengan cara mengambil beberapa tetes dari getah kamboja menggunakan kapas, lalu letakkanlah kapas tersebut dibagian gigi yang sakit. Tetapi cukup 1-2 kali dalam sehari.
Walau demikian, perlu diperhatikan jika pengobatan dengan getah ini sifatnya hanya sementara serta tidak bisa difungsikan dalam menuntaskan rasa sakit pada gigi tersebut.

Teh bunga kamboja

Sama juga dengan bunga kamboja jika dikonsumsi dengan menyeduhnya seperti teh sangat berkhasiat yang memberikan efek dingin untuk pencernaan Anda. Sebaiknya jika ingin hasil yang maksimal, dengan meminum teh bunga dari kamboja ini dengan rutin. Demikian artikel terkait Manfaat dan khasiat bunga kamboja. Silahkan mencoba. Jangan lupa baca juga manfaat dan khasiat bunga sepatu.


Artikel Terkait