Inilah Yang Bisa Dibasmi Dengan Daun Meniran

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 17, 2015
Manfaat daun meniran untuk kesehatan - Ada banyak khasiat yang bisa kita dapatkan dari Tanaman daun Meniran bagi kesehatan tubuh. Namun, untuk wanita hamil, menggunakan daun Meniran tidak dianjurkan sebab Meniran tersebut bersifat menggugurkan kandungan. Untuk penderita gangguan ginjal yang akut juga dilarang memanfaatkan Meniran sebagai obat. Disamping itu, penggunaan Meniran pada waktu lama bisa menimbulkan gangguan yakni disfungsi ereksi serta gagal ginjal.
Inilah Yang Bisa Dibasmi Dengan Daun Meniran

Manfaat daun meniran untuk kesehatan

1.Antibakteri.
Ekstrak metanol dari daun Meniran memiliki efek antibakteri sangat tinggi terhadap jenis bakteri Staphylococcus aureus, Escherichia colli, Bacillus subtilis, dan juga Pseudomonas aeruginosa. Efek tersebut disebabkan karena senyawa antibakteri dalam Meniran diantaranya phyllanthin, niranthin, hypophyllanthin, dan nietetralin. Serta ekstrak petroleum eter berasal dari batang, daun, dengan akar Meniran juga akan menunjukkan efek antifungi.
2. sebagai Pelarut asam urat serta batu ginjal.
Flavonoid serta glikosida flavonoid termasuk senyawa yang paling kerap digunakan untuk pengobatan asam urat serta batu ginjal. Sehingga meniran yang mengandung banyak senyawa flavonid, bisa digunakan untuk menyembuhkan asam urat sekaligus batu ginjal.
Dalam tubuh, flavonoid ini berikatan dengan kalsium yang berasal dari batu ginjal selanjutnya membentuk sebuah senyawa kompleks kelat sehingga mudah larut. Iondari  Na dan K pada Meniran akan berikatan bersama asam urat sehingga membentuk sebuah senyawa garam yang mudah larut di air membuat asam urat yang sudah mengkristal dalam darah serta ginjal bisa terlarut dengan perlahan yang selanjutnya akan dikeluarkan lewat air seni. Selain itu Meniran bersifat diuretik (atau membantu kelancaran keluarnya air seni). Dan dengan cara tersebut, maka Meniran digunakan dalam mengatasi asam urat serta batu ginjal hingga penyakit lain yang diakibatkan oleh asam urat misalnya rematik gout.
3. Antikanker.
Selanjutnya Meniran sebagai immunostimulator yang membantu merangsang aktivitas dari sel natural killer(NK) serta sel killer (K). bila toksisitas kedua sel ini meningkat, maka sel-sel yang telah menderita mutasi dan abnormal (atau sel kanker) bisa dihancurkan oleh keduanya. Demikian artikel terkait Manfaat daun meniran untuk kesehatan. Mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan.


Artikel Terkait