Manfaat Dari Terumbu Karang Bagi Biota Laut Ataupun Manusia

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 20, 2015
Manfaat terumbu karang bagi biota laut dan manusia – yang di maksud dengan terumbu karang ialah Sekumpulan ekosistem yang ada di bawah Laut sebagai penghasil kapur (CaCO3) terutama jenis-jenis karang batu serta alga berkapur, sekaligus dengan biota yang hidup dalam dasar laut lainnya misalnya jenis-jenis moluska, polikhaeta, krustasea, ekhinodermata, porifera,  sekaligus tunikata dan juga biota-biota lain  di sekitarnya, termasuk juga jenis-jenis plankton ataupun nekton.

Manfaat terumbu karang

1.Sebagai Sumber ikan serta makanan laut lain dengan kandungan protein yang cukup tinggi.
2. Dapat Melindungi pantai serta penduduk dari hantaman besar ombak dan arus.
Manfaat Dari Terumbu Karang Bagi Biota Laut Ataupun Manusia

Terumbu karang, hutan bakau, dan padang lamun, merupakan ekosistem saling terkait untuk melindungi pantai atau daerah pesisir. Selain itu terumbu karang juga mampu memperkecil energi dari ombak yang akan menuju ke daratan. Sehingga energi ini kemudian akan diperkecil lagi dengan padang lamun serta hutan bakau (mangrove). Yang membuat ombak tidak akan merusak pantai ataupun menyebabkan abrasi pantai. Serta ekosistem di pantai dapat terlindungi dengan baik.
3.Sumber Keanekaragaman Hayati yang Tinggi.
Terumbu karang menjadi sebuah ekosistem dengan biodiversitas (atau keanekaragaman hayati) paling tinggi dibanding dengan ekosistem laut lainnya. Pada tingkat biodiversitas yang sangat tinggi sehingga terumbu karang menjadi salah satu sumber keanekaragaman genetik serta spesies. Dan Keanekaragaman genetik menjadikan keberagaman yang bervariasi dari maskhluk hidup yang mempunyai ketahanan hidup lebih tinggi. Sehingga keanekaragaman spesies tersebut berarti akan semakin bermacam jenis biota yang bisa dimanfaatkan.
4. Mengurangi Pemanasan Global.
Karena Gas CO2, selain akan diserap oleh hutan, akan diserap juga oleh air laut. Lewat reaksi kimia dari batuan karang, maka CO2 akan dirubah jadi zat kapur yang berbahan baku terumbu. Dan dalam proses ini disebut sebagai kalsifikasi, serta karang dibantu zooxanthellae, yang merupakan tumbuhan bersel satu serta telah hidup didalam jaringan dari tubuh karang. Demikian artikel terkait Manfaat terumbu karang bagi biota laut dan manusia. Mudah-mudahan bermanfaat.


Artikel Terkait