Manfaat dan fungsi vitamin D untuk kesehatan tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 20, 2014
Tubuh kita harus dalam keadaan sehat supaya tubuh kita bisa mellakukan aktifitas sehari-hari. Oleh sebab itu agar tubuh kita selalu dalam keadaan sehat diperlukan asupan makanan yang mengandung vitamin yang cukup. Ada banyak macam vitamin seperti vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, vitamin D, vitamin K, namun yang akan saya bahas pada kesempatan in adalah manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh.
Agar kebutuhan vitamin D dalam tubuh anda tercukup maka konsumsilah makanan yang mengandung vitamin D. Beberapa makanan yang mempunyai sumber vitamin D diantaranya yaitu udang, ikan, tuna, biji bunga matahari, strowberi, jeruk, brokoli, tomat dan lain-lain.
Manfaat dan fungsi vitamin D untuk kesehatan tubuh

Viamin D sangat diperlukan oleh tubuh yaitu dalam membantu pembentukan struktur tulang dan gigi yang baik dan kuat, untuk mengobati osteomalacia, untuk penyembuhan rakhtis pada anak-anak, untuk meningkatkan metabolisme, penyerapan kalsium dan fosfor selain itu juga sebagai pelindung terhadap peripheral arterial disease (PAD).
Selain itu juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita diantaranya yaitu:
- Manfaat vitamin D untuk mengobati penyakit Osteomalacia.
Penyakit osteomalacia yaitu penyakit yang bisa ditemukan pada jaringan tulang manusia. Penyebab penyakit ini yaitu proses pembentukan lapisan mineral yang tidak semestinya. Pada kejadian ini tulang baru terbentuk tanpa lapisan meneral sehingga akan berakibat tulang yang terbentuk akan lunak, mudah retak dan patah. Salah satu cara untuk mengatasi penyakit Osteomalacia yaitu dengan asupan vitamin D bisa melalui makanan, buah yang mengandung vitamin D atau bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D dan juga perlu mendapatkan sinar matahari yang cukup.
- Manfaat vitamin D untuk mencegah penyakit kanker payudara.
Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa. Agar terhindar dari penyakit kanker payudara, maka cukupilah asupan vitamin D dalam tubuh karena vitamin D berfungsi sebagai penghambagt penggandaan sel kanker.
- Manfaat vitamin D untuk menyehatkan kulit.
Vitamin D2 dan D3 ternyata dapat mencegah gangguan kulit seperti psoriasis. Selain itu vitamin D juga berfungsi untuk memperbaiki kerusakan kulit, merejamkan kulit, mencegah infeksi ketika terluka. Ternyata viamin D ini sering dipakai dalam produk-produk kecantikan.
- Manfaat vitamin D untuk menjaga kekebalan tubuh.
Pada vitaminn D terdapat kalsitriol yang merupakan molekul aktif yang berperan penting dalam metabolisme absorpsi kalsium ke dalam tulang, fungsi otot, selain itu juga bermanfaat sebagai immunomodulator yang mempunyai pengaruh terhadap sistem kekbalan yang dapat melawan penyakit, sehingga dengan mengkonsumsi maknanan yang mempunyai sumber vitamin Da maka kesehatan tubuh kita akan terjaga.
Demikian beberapa penjelasan yang dapat saya berikan tentang  manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi yang saya berikan tersebut dapat bermanfaat.


Artikel Terkait