Manfaat dan fungsi vitamin A untuk kesehatan tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 17, 2014
Kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang manfaat dan fungsi vitamin A untuk kesehatan tubuh, tapi sebelum itu akan sedikit saya jelaskan tentang apa itu vitamin A. Rumus kimia Vitamin A adalah C20H30O, vitamin ini berperan penting dalam pembentukan sistem pengelihatan yang baik. Vitamin A tergolong salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Senyawa yang termasuk dalam kelompok vitamin A yaitu senyawa retinol, retinil, palmitat dan retinil asetat.
Manfaat dan fungsi vitamin A untuk kesehatan tubuh

2 bentuk aktif vitamin A yang bisa dicerna oleh tubuh manusia adalah beta karotin dan retinil palmitat. Sumber dari beta kalotin berasal dari makanan nabati misalnya: wortel, bayam dan brokoli. Sedangkan Retinil palmitat sumbernya berasal dari maknan hewani, misalnya: hati ayam, daging sapi, ikan, susu dan keju.Jika dalam tubuh kita kekurangan asupan vitamin A maka tubuh kita akan mengalami beberapa permasalahan diantaranya yaitu: kekaburan, pernafasan dan bisa jadi akan mengalami kebutaan.
Berikut ini adalah manfaat vitamin A untuk kesehatan tubuh:
1. Manfaat Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata
Peranan vitamin A yaitu berperan untuk kesehatan indra penglihatan manusia. Senyawa retinol dalam vitamin A akan membantu menyalurkan objek yang diterima retina mata ke otak sebagai suatu gambar,maka dari itulah jika anda mengalami masalah pada kesehatan mata rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A.
2. Manfaat Vitamin A untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
Dengan vitamin A maka aktivitas kerja dari sel darah putih dan anti bodi tubuh akan meningkat sehingga tubuh akan lebih resisten terhadap senyawa takson dan terhadap serangan mikroorganisme parasit seperti virus dan bakteri patogen.
3. Manfaat Vitamin A untuk mencegah kanker payudara
Retinol atau asam retinoat pada vitamin A ini bermanfaat untuk menghambat tumbuhnya kanker yang sering menyerang waniita pada bagian payudaranya yaitu kanker payudara.

4. Manfaat Vitamin A untuk menjaga aktivitas antioksidan
Salah satu bentuk vitamin A: Beta katolin yang dihasilkan dari sayuran yang kita makan seperti wortel, bayam dan brokoli merupakan senyawa antioksidan penangkal radikal bebas.  Asal mula senyawa radikal bebas ini bersumber dari reaksi oksidan dalam tubuh ataupun berasal dari populasi dari lingkungan yang masuk ke dalam tubuh.
Perlu diketahui jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan bervitamin A karena jika terlalu berlebihan dapat menimbulkan sakit kepala, mual, nyeri dan juga rontoknya rambut. Itulah sedikit informasi yang dapat saya bagikan tentang manfaat dan fungsi vitamin A untuk kesehatan tubuh.


Artikel Terkait