Manfaat jamur tiram untuk kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 07, 2014
Pada kesempatan ini akan saya sampaikan tentang manfat jamur tiram untuk kesehatan, namun sebelum itu akan sedikit saya jelaskan tentang tanaman jamur tiram tersebut. Jamur tiram adalah salah satu jenis jamur pohon kenapa disebut jamur pohon? Karna jamur tiram sering kita jumpai pada permukaan batang pohon yang telah lapuk/ pada batang pohon yang telah ditebang.
Manfaat jamur tiram untuk kesehatan

Nama latin dari jamur tiram adalah Pleurotus ostreatus. Jamur tiram ini termasuk dalam kelas Homobasidiomycetes. Jamur tiram ini layak untuk dikonsumsi karena tidak berbahaya, rasanyapun enak sekali. Dalam jamur tiram ini terdapat kandungan asam lemak jenuh dan juga terdapat polisakarida kitin yang dapat membuat rasa jamur tersebut enak. Jamur tiram ini sangat aman dikonsumsi karena kandungan mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jamur ini tergolong rendah. Selain rasanya yang gurih dan enak ternyata jamur ini mengandung banyak vitamin.
Kandungan dalam jamur tiram diantaranya yaitu air, kalori, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, dan juga vitamin C. Selain itu jamur tiram juga mengandung asam amino, terdapat 9 macam asam amino dalam jamur tiram diantaranya yaitu: metionin, lisin, triptofan, valin, threonin, isoleusin, leusin, fenilalanin, histidin. Dalam jamur tiram juga terdapat kandungan mineral yang sangat penting untuk tubuh diantaranya yaitu: Natrium, fosfor, magnesium dan juga kalsium.
Di bawah ini adalah manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan:
- Manfaat jamur tiram sebagai antitumor dan antibakterial.
- Khasiat jamur tiram untuk membantu menurunkan kolesterol.
- Manfaat jamur tiram untuk membunuh nematoda.
- Khasiat jamur tiram sebagai penghasil enzim oksidasi dan enzim hidrolisis.
- Manfaat jamur tiram untuk membantu menyenbuhkan diabetes.
- Khasiat jamur tiram untuk Mencegah timbulnya tumor,
- Manfaat jamur tiram untuk Membantu Sistem pencernaan.
- Khasiat jamur tiram untuk mengatasi penyakit lever.
- Manfaat jamur tiram untuk mengurangi resiko jantung lemah.
- Khasiat jamur tiram untuk Menghilangkan anemia.
Cukup banyak kan manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh kita, jika anda sekarang sudah tahu kalau jamur tiram banyak sekali manfaatnya maka dari sekarang jangan sungkan-sungkan untuk mengkonsumsi jamur tiram. Baca juga artikel: Manfaat tumbuhan paku untuk kesehatan.


Artikel Terkait