Manfaat dan fungsi vitamin B2 untuk kesehatan tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 18, 2014
Vitamin B merupakan vitamin yang banyak tipenya salah satunya yaitu vitamin B2. Jika sebelumnya saya sudah membahas tentang manfaat vitamin B1, maka kali ini saya akan membahas tentang manfaat dan fungsi vitamin B2 untuk kesehatan. Vitamin B2 itu sangat diperlukan tubuh kita agar selalu dalam keadaan sehat.
Manfaat dan fungsi vitamin B2 untuk kesehatan tubuh

Nama ilmiah vitamin B2 yaitu Riboflavin, vitamin B2 ini sama seperti vitamin B lainnya yang dapat dengan mudah larut di dalam air. Oleh sebab itulah tubuh kita perlu mendapatkan asupan vitamin B2 yang cukup untuk mempertahankan dan memperbaiki sistem-sistem di dalam tubuh.
Dibawah ini adalah manfaat Vitamin B2 untuk kesehatan tubuh:
Manfaat vitamin B2 untuk megatur pertumbuhan dan reproduksi.
Sebaiknya jika dalam masa pertumbuhan, jangan sampai kekurangan vitamin B2 hal ini dikarenakan vitamin B2 dapat memacu pertumbuhan dan juga perkembangan organ reproduksi. Selain itu vitamin B2 ini juga bermanfaat untuk perkembangan tubuh seperti kulit, mata, sistem kekbalan tubuh, sistem syaraf dan membran mucous.
• Manfaat vitamin B2 untuk membantu produksi energi pada tubuh.
Sama seperti vitamin B1, vitamin B2 juga berfungsi  untuk meningkatkan energi yang ada dalam tubuh yaitu dengan mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Kalau tidak ada glukosa tubh tidak akan dapat memproduksi energi.
• Manfaat vitamin B2 untuk mencegah munculnya jerawat.
Masalah yang saring dihadapi oleh kaum muda terutama kaum hawa adalah jerawat diwajah, jika tumbuh jerawat pastinya tidak pede apalagi kalau ditambah mua berminyak. Ternyata vitamin B2 itu dapat mencegah munculnya jerawat, hal ini dikarenakan vitamin B2 dapat meningkatkan keluranya minyak atau lendir pada kulit, dengan begitu maka jerawat diwajah akan berkurang.
• Manfaat vitamin B2 untuk menjaga kekebalan tubuh.
Seperti vitamin yang lainnya vitamin B2 juga mempunyai manfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dengan memperkuat antibodi dalam tubuh.
• Manfaat vitamin B2 untuk menjaga kesehatan mata.
Tidak hanya padda vitamin A saja yang mempunyai manfaat untuk kesehatan, ternyata vitamin B2 juga mempunyai manfaat yang sama yaitu untuk kesehatan mata. Tetapi vitamin A jika dibandingkan dengan vitamin B2 dalam membantu kesehatan mata, vitamin A jauh lebih besar.
Sumber-sumber vitamin B2 ini dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi kacang-kaccangan sepeti: kacang kedelai kacang almond. Selain itu juga dapat mengkonsumsi daging sapi, daging itik, daging ayam, ikan, ragi, hati, keju, asparagus, biji gandum, selada, rumput laut, alpukat dan kubis.
Mudah-mudahan artikel yang saya bagikan tentang manfaat dan fungsi vitamin B2 untuk kesehatan tersebut dapat bermanfaat dan dapat menjadi wawasan anda untuk selalu menjaga kesehatan, karena kesehatan merupakan anugrah terindah yang kita terima dari sang pencipta.


Artikel Terkait