Manfaat buah anggur untuk kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 10, 2014
Nama latin buah anggur yaitu: Vitis labrusca atau Vitis vinifera. Anggur merupakan buah yang termasuk tanaman buah berupa perdu merambat yang tergolong dalam keluarga Vitaceae. Saat ini banyak orang yang membudidayakan buah anggur, mungkin karena rasanya yang sangat enak dan manis selain itu ternyata banyak sekali manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh. Dalam pembahasan ini saya akan berbagi tentang manfaat anggur untuk kesehatan.
Manfaat buah anggur untuk kesehatan

Buah anggur kaya akan vitamin sehingga tidak heran karalau bermanfaat sekali untuk kesehatan. Vitamin dalam buah anggur yaitu vitamin C, viatamin B1, Vitamin B6, Vitamin K, kalium dan margaran. Selain itu juga terkandung antioksidan dan juga berbagai fitonutrien yang bisa membantu untuk menyembuhkan beragam penyakit misalnya: diabetes, sembelit, jantung dan asma. Lebih jelasnya berikut ini manfaat buah anggur untuk kesehatan.
- Manfaat buah anggur untuk menyembuhkan sembelit.
Buah anggur adalah buah yang dapat digunakan sebagai obat sembelit, hal ini dikarenakan dalam buah anggur terkandung asam organik, gula dan selulosa.Cara lain untuk mengatasi sembelit anda bisa membaca artikel: manfaat buah pepaya untuk kesehatan.

- Manfaat buah anggur untuk menghilangkan migran.
Jus anggur merupakan salah satu cara untuk mengobati migran. Bila anda menderita sakit migran kronis, anda bisa mencoba minum jus anggur tanpa ditambahi air setiap hari.
- Manfaat buah anggur untuk kesehatan jantung.
Salah satu cara yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan cara meminum jus anggur atau dapat juga dnegna memaknnya dalam keadaan masih mentah.
- Manfaat buah anggur untuk memperlambat penuaan.
Buah anggur dapat digunakna untuk mengatasi/ menunda penuaan hal ini dikarenakan pada benih dan kulit anggur terdapat kandungan antioksidan.
- Manfaa buah anggur untuk mencegah kanker.
Buah anggur merupakan buah yang kaya dengan sumber anti inflamasi nutris dan juga sumber antioksidan yang bisa dimanfaatkan untuk menghambat peradangan kronis yang menjadi awal dari tumbuhnya sel kanker. Selain itu dalam anggur juga terdapat zat yang sifatnya anti peradangan yang menyaingkirkan tumbuhnya kanker yaitu zat anthocyanin, resveratrol, proanthocyanidins dan juga fitonutrien.
- Manfaat buah anggur untuk mengatur gula darah.
Anggur sangat bermanfaat bagi orangy yang gula darahnya tidak seimbang hal ini dikarenakan anggur mempunyai indeks yang sangat rendah. Selain itu dalam buah ini terdapat fitonutrien yang dipercaya bisa meningkatkan sensivitas insulin dan untuk membantu mengatur gula darah.
Bagaimana selain buah anggur yang rasanya enak ternyata juga mempunyai berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Cukup  sekian yang dapat saya bagikan tentang manfaat buah anggur untuk kesehatan, semoga informasi yang saya bagikan diatas dapat bermanfaat.


Artikel Terkait