Manfaaat dan fungsi vitamin B untuk kesehatan tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 16, 2014
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang manfaaat dan fungsi vitamin B untuk kesehatan tubuh. Vitamin Bmerupakan vitamin yang dapat larut dalam air dan memiliki peranan yang sangat penting untuk metabolisme sel. Sebelumnya sebelum vitamin B diteliti, vitamin B diduga memiliki satu tipe seperti alnya vitamin D dan vitamin C. Tetapi semenjak diteliti ternyata komposisi tiap vitamin B dalam tiap makanan itu berbeda. Tipe Vitamin B itu terdiri dari 8 tipe yaitu vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9,dan vitamin B12. Jika dalam suplemen mengandung ke 8 tipe vitamin B itudisebut dengan vitamin B kompleks.
Manfaaat dan fungsi vitamin B untuk kesehatan tubuh

Untuk memperoleh vitamin B kompleks kita bisa mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan lauk pauk. Contoh vitamin B1: kacang almond, kacang lentil, slada kobis, sayur bayam, daging susu. Se vitamin B2: ikan salmon, ayam, ikan tuna, dan juga pada pasta dan gandum utuh. Walaupun vitamin B terdapat 8 macam tipe namun semua vitamin B ini bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh.
Berikut ini adalah manfaaat vitamin B untuk kesehatan tubuh:
-Manfaat vitamin B untuk meningkatkan daya ingat.
Senyawa asam amino yang disebut Homosistein a adalah racun bagi sel-sel saraf. Dengan adanya vitamin B kompleks maka saraf otak akan terlindungi sehingga tidak dapat ancaman dari homosistein dan konsentrasi daya ingat pun akan terjaga.
- Manfaat vitamin B untuk meningkatkan produksi energi.
Energi dalam tubuh itu bersumber dari karbbohidrat yang menjadi glukosa ketika kita melakukan sebuah aktivitas/ sedang berolah raga. Jika anda cepat merasakan lesu, capek dan lelah ketika berolah raga itu menandakan kekurangan vitamin B kompleks.
- Manfaat vitamin B untuk menjaga kesehatan rambut.
Di zaman sekarang ini banyak orang yang bermasalah dengan kesehatan rambut misalnya rambut sudah ubanan padahal usianya masih muda. Selain itu ada juga orang yang mengalami maslah kulit kepala kering dan rambut kusam. Semua masalah itu dikarenakan kesehatan kulit kepala dan rambut yang tergantung dengan sintesis RNA dan DNA, sintesis tersebut dapat berlangsung lancar jika dibantu oleh vitamin B kompleks. Sehingga dapat diambil kesimpulan jika orang yang ubanan atau  mengalami masalah kesehatan rambut itu kemungkinan besar dikarenakan kekurangan vitamin B kompleks.
- Manfaat vitamin B untuk menjaga kesehatan kandungan.
Menurut pakar kesehatan kandungan, bahwa salah satu cara untuk menghindari kemungkinan cacat lahir yang serius adalah dengan cara menambah asupan vitamin B9/ Asam folat. Vitamin B9 berkontribusi pada perkembangan DNA yang akan mengoptimalkan pertumbuhan janin.Untuk ibu yang sedang mengandung/ hamil sebaiknya mengkonsumsi kurang lebih 400 mg vitamin B9/ asam folat per hari. Lihat juga: Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil.
 - Manfaat vitamin B untuk menjaga sistem pencernaan.
Bagi yang menalami permasalahan pada sistem pencernaan itu menandakan kalau kurangnya asupan vitamin B kompleks,.Solusinya: konsumsilah buah/ makanan yang mengandung vitamin B kompleks, karena vitamin B kompleks mampu larut dalam air yang mampu memperbaiki sistem penceranaan.
Itulah manfaat dan fungsi vitamin B untuk kesehatan tubuh. Jika anda mengalami berbagai permasalahan seperti diatas konsumsilah vitamin B kompleks agar anda lebih sehat. Bagi yang tidak suka dengan sayur dan buah yang mengandung vitamin B anda juga dapat membeli suplemen vitamin B yang dijual di apotek.


Artikel Terkait