Manfaat dan khasiat buah pinang untuk kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 13, 2014
Buah pinang merupkan buah yang cukup fenomenal karena buah ini terkenal akan khasiatnya dalam hal kesehatan. Oleh sebab itu pada pembahasan ini saya akan berbagi manfaat dan khasiat buah pinang untuk kesehatan. Nama latin buah pinang yaitu Areca catechu, dalam bahasa inggris buah ini terkenal dengan sebuatan buah betel nut tree atau buah palm. Sebutan dalam bahasa inggris itu karena buah ini tergolong dalam jenis palm yang dapat tumbuh pada daerah pasifik, afrika timur dan asia.
Manfaat dan khasiat buah pinang untuk kesehatan

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah pinang untuk kesehatan:
- Manfaat buah pinang agar gigi dan gusi menjadi kuat.
Siapkan buah pinang 1 biji. Setelah itu diiris-iris menjadi beberapa bagian. Setelah itu irisan tersebut dikunyah. Cara untuk mengatasi sakit gigi seperti gigi berlubang bisa anda lihat dalam artikel: Manfaat dan khasiat duan jeruk nipis.
- Khasiat buah pinang untuk mengatasi sakit pinggang.
Siapkan daun pinang beberapa lembar, kemudian daun tersebut ditumbuk dan dihangatkan. Setelah itu daun tersebut digunakan untuk mengompres bagian pinggang yang sakit.
- Manfaat buah painang untuk mengatasi darah keluar berlebihan.
Biji pinang yang direbus airnya ternyata mampu untuk mengatasi penyakit seperti mimisan, haid dengan darah yang berlebihan bisul, korengan, mencret dan juga kudis.
- Khasiat buah pinang untuk mengobati difteri.
Sediakan buah pinang sebanyak 2 biji setelah itu direbus menggunakan 2 gelas air. Tunggu hingga airnya sisa 1,5 gelas. Setelah itu ditambahakn madu sebanayk 1 sendok makan, lalu diaduk sampai rata. Jika sudah dpat diminum untuk mengobati difteri.
- Manfaat buah pinang untuk mengobati kudis.
Buah pinang satu biji diparut. Setelah itu dicampurkan dengan kapur sirih sebanyak seperempat sendok teh dan ditambahkan air secukpunya. Setelah itu dioleskan ke bagian yang kudisan.
- Khasiat buah pinang untuk mengobati mata rabun.
Cara untuk mengobati rabun mata dengan buah pinang yaitu kunyah buah pinang dan telan airnya.
- Manfaat buah pinang untuk mengecilkan rahim.
Biji pinang yang masih muda dapat dimanfaatkan oleh kaum wanita untuk mengecilkan rahim pasca melahirkan. Cara pemanfaatannya yaitu, buah pinang muda dimasak kemudian airnya diminum sampai rahim kembali normal bentuknya.
- Khasiat buah pinang untuk mengobati luka kulit.
Cara penggunaannya yaitu dengan cara daging buah pinang muda ditumbuk sampai halus, setelah itu ditempelkan ke bagian yang terluka.
- Manfaat buah pinang untuk meningkatkan gairah hubungan suami istri.
Dalam buah pinang terkandung arekolin yang berkhasiat untuk meningkatkan gairah seorang pria dalam berhubungan suami istri. Caranya yaitu siapkan buah pinang satu biji yang belum mengeras. Selanjutnya buah pinang tersebut dipotong-potong kecil, kemudian dikunyah dan dimakan. Selain itu dapat juga dnengan cara buah pinang dihancurkan kemudian direbus dngan air sebanyak 2 gelas, sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah itu diminum.
- Khasiat buah pinang untuk sebagai obat telinga yang bernanah.
Buah pinang muda diambil akarnya secukupnya saja, kemudian ditumbuk sampai halus dan diperas airnya. Sebelumnya telinga yang akan diobati dibersihkan dahulu menggunakan kapas. Jika sudah tetesi menggunakan air perasan pinang tadi yang telah kita buah sebanyak 3 x tetesan. Jika sudah telinga disumbat dengan kapas supaya air tetesan tersebut tidak mengalir keluar.
- Manfaat buah pinang sebagai obat cacingan.
Sediakan 1/4 potongan buah pinang, temulawak 1/2 jari, kunyit 1/2 jari rimpang. Selanjutnya bahan-bahan tersebut direbus lalu disaring, ambil airnya. Air tersebut diminum maka dapat mengobati cacingan.
Itulah beberapa manfaat dan khasiat buah pinang untuk kesehatan yang mungkin belum anda ketahui, semoga informasi tentang manfaat buah pinang tersebut dapat menambah pengetahuan kita.


Artikel Terkait