Manfaat dan fungsi kalsium untuk kesehatan tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 16, 2014
Jumlah kalsium di dalam tubuh kita itu lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah mineral lainnya. 99 persen kalsium yang ada dalam tubuh manusia itu terdapat di tulang dan gigi. Sisa kandungan kalsium 1 persen itu terdapat dalam jaringan lunak yang terdapat dalam darah. Kalsium atau yang dikenal dengan simbol Ca adalah salah satu logam alkhali tanah. Kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan tulang, gigi dan juga otak, maka dari itulah sering-seringlah mengkonsumsi makanan/ minuman yang mengandung kalsium seperti susu. Karena begitu pentingnya kalsium untuk tubuh maka pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang manfaat dan fungsi kalsium untuk kesehatan tubuh.
Manfaat dan fungsi kalsium untuk kesehatan tubuh

Saat berusia 20 tahun keatas, tubuh akan mulai kekurangan kalsium 1 persen per tahun. Pada saat menginjak usia 50 tahun, tubuh manusia akan mengalami penyusutan kalsium sebanyak 30 persen dan pada usia 70 tahun penyusutan akan mencapai 50 persen. Jika makanan yang kita makan tidak mampu memenuhi kebutuhan kalsium, maka tubuh mengambil cadangan kalsium yang terdapat dalam tulang, jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama maka mengakibatkan penyakit yang namanya osteoporosis. Untuk menambah asupan kalsium, bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan/buah/ minuman yang mengandung kalsium.
Berikut ini adalah sumber makanan yang mempunyai kandungan kalsium :
- Susu dan Keju.
- Sayuran yang berdaun hijau, contohnya kubis, brokoli, sawi, dan okra.
- Kacang-kacangan misalnya: kacang putih, kacang kedelai dan kacang almond.
- Roti atau makanan yang terbuat dari tepung.
- Ikan sardin, ikan salmon, dan daging.
- Rumput laut.
Berikut ini adalah manfaat kalsium untuk tubuh:
- Untuk mencegah  penyakit tulang keropos/ osteoporosis.
- Untuk membantu perkembangan tulang dan gigi.
- Untuk kesehatan gigi, mencegah terjadinya pendarahan pada akar gigi dan dapat membantu mineralisasi gigi.
- Untuk memperlancar peredaran darah.
- Untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh.
- Untuk mengatasi pecah-pecah dan kekeringan pada kulit, tangan dan kaki.
- Untuk mengurangi risiko kanker usus.
- Untuk menormalkan tekanan darah.
- Untuk melenturkan otot.
- Untuk mengatasi sakit pinggang, kram, reumatik dan wasir.
- Untuk mencegah penyakit jantung.
Sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat kalsium untuk kesehatan. Maka dari itulah mulai sekarang jangan sungkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung kalsium. Karena jika tubuh kekurangan kalsium akan mudah mengalami hal-hal seperti mudah cepat lesu, gelisah, banyak keringat, sesak nafas, daya tahan tubuh berkurang, nafsu makan berkurang, berak-berak, sembelit, kram, isomnia dan lain-lain.


Artikel Terkait