Manfaat dan kandungan gizi buah cempedak

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 06, 2014
Pada pembahasan ini saya akan mengulas tentang Manfaat dan kandungan gizi buah cempedak.  Tetapi sebelum saya bahas manfaat dan kandungan gizinya akan sedikit saya kasih gambaran bagi yang belum tahu apa itu buah cempedak. Buah cempedak adalah buah dari golongan famili Moraceae. Buah ini bentuk, baunya, rasanya seperti nangka. Buah cempedak ini diperkirakan berasal dari kawasan Asia Tenggara. Sebelum saya bahas manfaat dan khasiat buah cempedak berikut ini saya sampaikan beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam buah cempedak.
Manfaat dan kandungan gizi buah cempedak

Kandungan zat gizi buah cempedak/ 100 gram:
- Protein (g) 1,2 2,0 3,0
- Energi (kkal) 106 51 116
- Karbohidrat (g) 27,6 11,3 28,6
- Lemak (g) 0,3 0,4 0,4
- Fosfor (mg) 19 29 30
- Kalsium (mg) 20 45 20
- Zat besi (mg) 0,9 0,5 1,5
- Vit C (mg) 7 9 15
- Vit B1 (mg) 0,07 0,07 0
- Vit A (SI) 330 25 200
- Air (g) 70,0 85,4 67,0
Berikut ini adalah Manfaat Buah cempedak:
- Manfaat buah cempedak untuk diet.
Buah cempedak mempunyai kadar lemak yang sangat rendah yaitu berkisar 0,4 g per 100 gram, sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi yang ingin diet.
- Manfaat buah cempedak untuk mengurangi resiko stroke.
Buah cempedak mempunyai kadar air yang cukup tinggi, kadar air dalam buah cempedak tidak hanya untuk menghilangkan dahaga tetapi juga untuk mengurangi resiko terserang stroke. Mungkin kita tidak pernah menghitung berapa gelas yang harus kita minum selama satu hari, kita biasanya minum padaa saat haus dan habis makan saja. Namun sebetulnya kebutuhan air sangat diperlukan sekali bagi organ-organ tubuh dalam menjalankan tugasnya.
Air dalam tubuh mempunyai peranan yang sangat penting untuk proses metabolisme dan pencernaan, air yang kita konsumsi akan mengangkut oksigen dan vitamin untuk memberi makan sel-sel tubuh melalui darah.
Hasil penelitian di Universitas Houston, Texas, Amerika Serikat, oleh Prof. DR. Frank Yatsu menyatakan bahwa asupan air yang cukup dapat membantu mengencerkan darah, sehingga suplai oksigen ke otak akan lancar dan akan terhindar dari resiko stroke.
Cukup sekian penjelasan yang bisa saya berikan tentang manfaat dan kandungan gizi buah cempedak, mungkin masih banyak manfaat lainnya yang belum saya ketahui, semoga informasi manfaat buah cempedak diatas dapat membantu anda yang sedang mencari referensi seputar buah cempedak.


Artikel Terkait