Manfaat ilalang untuk kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 05, 2014
Sebetulnya ada banyak sekali manfaat rumput ilalang untuk kesehatan yang belum kita ketahui, dalam artikel ini akan saya bahas satu persatu. Bagi anda yang belum tahu apa itu rumput ilalang akan sedikit saya kasih gambaran mengenai rumput ilalang. Rumput ilalang sering disebut dengan alang-alang yang merupakan rumput liar. Rumput ilalang biasanya tumbuh diperkebunan, rumput ini termasuk jenis tanaman penggangu, tetapi sebetulnya banyak sekali khasiatnya dalam pengobatan tradisional.
Manfaat ilalang untuk kesehatan

Nama ilmiah dari rumput ilalang yaitu Imperata cylindrica, Rumput ilalang digolongkan dalam anak suku Panicoideae. Rumput ilalang dalam bahasa inggris terkenal dengan sebutan cogongrass, bladygrass, silver-spike, speargrass, tetapi karena bunganya yang berambut putih halus sehingga lebih dikenal sengan sesebutan satintail. Karena sisi daunnya yang tajam dan melukai orang belanda menyebutnya dengan sebutan snijgras.
Nah untuk yang penasaran dengan akan khasat rumput ini silahkan saja di simak di bawah ini ya
Bagi anda yang belum tahu dan penasaran tentang apa saja Manfaat dan khasiat rumput ilalang untuk kesehatan silahkan disimak penjelasannya berikut ini.
- Manfaat ilalang sebagai obat Mimisan, hepatitis.
Akar alang-alang 200 gram, dicuci, kemudian direbus mengguanakan air 6 geash hingga airnya sisa 2 gelas. Jika sudah dinginkan, kemudian di saring. Untuk diminum 3 kali dalam sehari. 
- Khasiat ilalang untuk obat Diare
Akar alang-alang 250 gram, dicuci kemudian direbus menggunakan air 2 gelas dalam waktu 15 menit. Diminum langsung sekali 1 gelas, setelah buang air besar. Cara lain untuk mengatasi masalah diare anda bisa baca aritikel: manfaat dan khasiat buah salak.
- Manfaat ilalang sebagai obat Asma
Akar alang-alang 100 gram, kencur 25 gram, daun sirih 25 gram. Bahan-bahan tersebut direbus menggunakan air sebanyak 1 liter hingga airnya sisa setengah. Setelah itu disaring, masukkan madu sebanyak 1 sendok makan dan juga air jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh. Untuk diminum pada saat sebelum tidur malam.
- Khasiat ilalang untuk obat Radang Paru-paru
Akar alang-alang 500 gram, daun sembung 5 helai, benga melati kering 10 kuntum, garam. Bahan-bahan tersebut direbus menggunakan air 3 gelas hingga airnya sisa setengah. Jika sudah disaring.Untuk diminum 2 kali dalam sehari.
- Manfaat ilalang sebagai obat hipertensi akibat sakit ginjal
Akar alang-alang 200 gram, tangkue (manisan terbuat dari labu putih). Direbus menggunakan air 2 gelas sampai airnya sisa setengah. Didinginkan, disaring, diminum 2 kali dalam sehari.
- Khasiat ilalang sebagai obat melancarkan Air Seni
Akar alang-alang 250 gram, gula batu, kemudian direbus menggunakan air 3 gelas kurang lebih selama 10 menit. Jika sudah dinginkan, saring. Untuk diminum sebanyak 3 kali dalam sehari, masing-masing 1 gelas.
- Manfaat ilalang untuk obat Keputihan
Untuk mengobati keputihan dapat diatasi dengan: akar alang-alang 500 gram, daun pepaya 2 tangkai, pulasari 5 gram, setelah itu bahan-bahan tersebut direbus dengan air 2 gelas hingga airnya sisa setengah , setelah itu disaring, diminum sehari 2 kali.
- Khasiat ilalang sebagai obat Prostat
Akar alang-alang 500 gram, direbus menggunakan air 6 gelas hingga airnya sisa setengah. Setelah itu didinginkan, minum sehari 3 kali.
- Manfaat ilalang untuk obat Kencing Batu
Akar alang-alang 100 gram, daun meniran 1/2 genggam, daun kumis kucing 1/2 genggam. Bahan tersebut direbu dengan air 5 gelas hingga airnya sisa setengah. Jika sudah direbus dinginkan, kemudian saring. Untuk diminum 3 kali dalam sehari.
Bagaimana cukup banyak kan manfaat rumput ilalang ini, demikian informasi yang bisa saya berikan tentang Manfaat dan khasiat rumput ilalang untuk kesehatan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat buat anda.


Artikel Terkait