Manfaat buah pir untuk kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 20, 2014
Pembahasan hari ini saya akan membahas tentang manfaat buah pir untuk kesehatan, namun sebelum itu saya akan menjelaskan sedikit penjelasan tentang apa itu buah pir. Buah pir sering disebut dengan buah pear adalah buah yang masuk golongan dari pohon Genus pyrus. Buah pir merupakan buah yang lezat dikonsumsi karena buah pir rasanya manis, mengandung banyak air dan juga masir. Asal mula buah pir diperkirakan berasal dari daerah yang iklimnya tropis seperti Asia, Eropa bagian barat, dan afrika bagian utara. Biasanya pohon buah pir yang tingginya sedang dapat mencapai 10-17 meter, tetapi terdapat beberapa spesies yang pohonnya pendek yang daunnya rimbun. Bentuk daun dari buah pir yaitu berbentuk lonjong dan berselang seling. Buah pir diyakini mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan. Karena itulah kali ini saya akan mengulas apa saja manfaat dan khasiat yang terkandung di dalam buah pir yang bermanfaat untuk kesehatan.
Manfaat buah pir untuk kesehatan

Di dalam buah pir terkandung nutrisi yang banyak sekali, sehingga jangan heran jika banyak orang yang suka mengkonsumsi pir untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja kah manfaat buah pir? Silahakan disimak penjelasan berikut ini:
- Manfaat buah pir untuk membuat anda tetap terhidrasi.
Dengan cara sering mengkonsumsi buah pir maka asupan cairan di dalam tubuh akan selalu terpenuhi karena buah pir kaya akan air.
- Khasiat buah pir Untuk Melawan penyakit Alzheimer.
Berdasarkan penelitian dari Cornell University, dalam kulit buah pir terkandung antioksidan quercetin yang bisa melawan penyakit Alzhemer. Jadi kesimpulannya buah pir baik jika dimakan dengan kulitnya.
- Manfaat buah pir untuk mencegah kanker.
Buah pir mengandung asam hydroxycinnamic yang dapat mencegah kanker paru-paru dan perut.
- Khasiat buah pir untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Di dalam buah pir terkandung banyak vitamin diantaranya yaitu vitamin A, B2, B3, B6, C, K, kalsium, kalium, mineral, tembaga dan magnesium. Karena banyaknya vitamin yang terkandung sehingga buah pir sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.
- Manfaat buah pir untuk menenangkan pencernaan.
Mengkonsumsi buah pir sangat baik untuk pencernaan karena dalam buah pir terkandung pektin dan serat yang dapat membantu menghentikan tanin dan diare.
- Khasiat buah pir untuk mencegah terjadinya osteoporosis.
Ternyata di dalam buah pir terkandung boron yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk mempertahankan kalsium sehingga tidak akan terserang osteoporosis.
- Manfaat buah pir untuk menurunkan kolesterol.
Kandungan pektin dalam buah pir lebih tinggi dari pada buah apel. Kandungan pektin dapat menyerap lemak di usus, sebelum diserap lewat aliran darah. Karena itulah buah pir sangat ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.
Bagaimana sekarang sudah tahu kan? Manfaat buah pir untuk kesehatan. Nah mulai sekarang rajin-rajinlah mengkonsumsi buah pir yang rasanya manis dan enak ini. Baca juga Manfaat dan khasiat buah duku untuk kesehatan.


Artikel Terkait