Manfaat Dan Khasiat Bunga Sepatu

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 07, 2014
Bunga sepatu yaitu bunga yang kelopaknya berwarna orange, merah dan ada juga yang warnanya putih. Bunga sepatu ini tidak berbau menyengat seperti bunga kamboja, bisa dikatakan bunga ini tidak berbau. Tapi tahukah anda kalau bunga sepatu ini ternyata mempunyai manfaat yang cukup banyak. Apa sajakah Manfaat dan khasiat bunga sepatu tersebut? Silahkan ada simak penjelasan yang saya bagikan dalam artikel ini.
Manfaat Dan Khasiat Bunga Sepatu

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat Bunga/ Kembang Sepatu:
- Manfaat bunga sepatu untuk mengobati gondongan.
Sediakan kembang sepatu segar sebanyak 30 gram, setalah itu kembang sepatu tersebut di cuci bersih. Kembang sepatu yang telah dibersihkan dicuci dengan air 400 mil hingga airnya tersisa 200 mil. Jika sudah disaring, ambil airnya dan minum air tersebut 3 x sehari.
- Manfaat kembang sepatu untuk mengobati keputihan.
Sediakan kembang sepatu segar sebanyak 15 gram, jengger ayam 15 gram, dan kulit delima segar 30 gram. Bahan-bahan tersebut dicuci hingga bersih. Setalah itu bahan-bahan tersebut direbus dengan air sebanyak 500 mil hingga airnya tersisa 200 mil. Jika sudah airnya disaring dan diminum 2 x sehari.
- Manfaat bunga sepatu untuk memperlancar haid.
- Sediakan kembang sepatu segar sebanyak 3 kuntum, kemudian dicuci bersih. Kembang sepatu yang telah dicuci tersebut digiling hingga lumat. Setalah itu tambahkan air matang sebanyak 150 mil dan cuka beras putih secukupnya. Campuran tersebut diaduk-aduk sampai rata. Jika diarasa sudah rata saring, ambil airnya kemudian minum sehari 3 x, skali minum 100 mil.
- Manfaat bunga sepatu untuk mengobati sariawan.
Sediakan bunga sepatu sebanyak 30 garam lalu dicuci bersih. Setelah dicuci diseduh dengan air panas sebanyak 100 mil dalam waktu kira-kira 15 menit, kemudian dinginkan. Setelah dingin saring dan ambil airnya. Ramuan tersebut diminum 3 x sehari. Cara lain untuk mengobati sariawan, anda bisa membaca artikel: Manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan.
- Manfaat bunga sepatu untuk mengobati batuk lendir dan berdarah.
Sediakan bunga sepatu yang segar sebanyak 2 kuntum. Bunga sepatu tersebut diremas-remas, kemudian diseduh dengan air panas sebanyak 400 mil. Setelah itu ditutup dan didiamkan selama 1 malam. Selanjutnya airnya disaring, kemudian tambahkan madu secukupnya. Ramuan tersebut diminum pada saat pagi hari sebelum makan.
- Manfaat bunga sepatu untuk mengobati radang saluran pernafasan.
Sediakan bunga sepatu segar sebanyak 2 kuntum lalu bunga tersebut dicuci bersih. Jika sudah dicuci digiling lembut kemudian tambahkan air matang sebanyak 100 mil. Selanjutnya anda tambahkan garam dapur sedikit saja dan aduklah sampai rata, saring/ peras ambil airnya. Ramuan tersebut diminum 2 x sehari.
- Manfaat bunga sepatu untuk demam malaria.
Sediakan daun kembang sepatu sebanyak 50 gram, daun pepaya stengah lembar, garam inggris 10 gram. Bahan-bahan tersebut direbus dengan air setengah liter hingga mendidih. Selanjutnya airnya disaring dan diminum hangat-hangat.
Begitu banyak manfaat dan khasiat bunga sepatu ini, semoga penjelasan diatas bisa menjadi masukan buat anda. Segala sesuatu yang berasal dari alam itu tentu ada manfaatnya tetapi terkadang kita belum tahu apa saja manfaatnya.


Artikel Terkait