Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 08, 2014
Rumput laut merupakan tanaman yang tumbuh di laut yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Rumput laut mempunyai warna ccoklat tetapi ada juga yang warnanya hijau. Rumput laut sering diolah menjadi aneka acam makanan yang paling terkenal yaitu digunakan sebagai bahan pembuatan agar-agar. Ternyata selain diolah sebagai bahan makanan rumput laut juga mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat rumput laut untuk kesehatan? Silahkan anda simak penjelasan berikut ini.
Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Terdapat beberapa macam jenis rumput laut diantaranya yaitu Bladderwrack, Dulse, Sea Lettuce, Kombu, dan juga Nori. Semua jenis rumput laut kaya akan protein yang sangat baik untuk kesehatan, selain itu juga terdapat kandungan vitamin diantaranya yaitu vitamin A, vitamin B 12, zat besi, yodium dan kalium. Kandungan kalsium pada rumput laut itu sangat tinggi, lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi, susu dan brokoli.
Berikut ini adalah beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan:
- Manfaat rumput laut untuk mencegah kanker.
Dalam rumput laut ternyata terkandung zat anti oksidan alami, zat oksidan alami tersebut disebut dengan lignan. Lignan yaitu senyawa yang mampu menghambat tumbuhnya tumor. Selain itu juga terdapat kandungan asam float yang cukup banyak dan dapat mencegah kanker usus halus.
- Khasiat ruput laut untuk melangsingkan badan.
Dalam tumbuhan rumput laut tidak mengandung kalori maupun lemak sehingga jika mengkonsumsinya tidak akan menjadikan gemuk. Terdapat juga kandungan yodium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid dalam tubuh. Kelenjar tiroid akan mengatur metabolisme tubuh sehingga berat badan akan tetap seimbang. Selain itu rumput laut juga mengandung mineral yang dapat menghancurkan sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh.
- Manfaat rumput laut untuk mencegah tulang keropos
Kandungan kalsium dalam rumput laut cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari pada susu. Karne itulah mengkonsumsi rumput laut dapat mencegah tulang keropos, dan juga dapat menjaga pertumbuhan tulang, gigi, rambut dan juga kesehatan kuku.
- Khasit rumput laut untuk mendetoks tubuh
Di dalam rumput laut ternyata terkandung klorofil yang bermanfaat untuk membantu tubuh melakukan detos secara alami. Karena itulah rumput laut sangat cocok untuk dikonsumsi bagi orang yang sering terpapar racun/ polusi dari dalam tubuh.
- Manfaat rumput laut untuk mempercepat penyembuhan luka
Rumput laut dipercaya dapat memelihara kekuatan tulang gigi dan gusi. Selain itu juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan bermanfaat untuk penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan di dalam rumput laut terdapat kandunggan vitamin C.
- Khasiat rumput laut untuk mencegah Anemia
Rumput laut juga mengandung zat besi yang lumayan tinggi sehingga cukup ampuh untuk meningkatkan pembentukan seldarah merah (hematopoiesis).
Begitu banyak manfaat rumput laut untuk kesehatan, karena itulah mulai sekarang jangan sungkan untuk mengkonsumsi rumput laut. Semoga informasi tentang manfaat rumput laut diatas bisa menambah pengetahuan kita. Lihat juga: manfaat rumput ilalang untuk kesehatan.


Artikel Terkait