Manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 05, 2014
Vitamin E adalah vitamin yang sangat penting dan sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Tahukah anda kenapa vitamin ini dinamakan dengan vitamin E? Karena vitamin E ditemukan sesudah ditemukannya vitamin A, B, C dan D. Mungkin anda sering mendengar kata vitamin E tetapi anda belum tahu apa saja manfaat dan fungsi vitamin E untuk kesehatan tubuh.  Maka dari itulah dalam pembahasan artikel kali ini akan saya sampaikan manfaat dan fungsi fitamin E tersebut.
Manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh

Vitamin E adalah nama untuk 2 kelas molekul yaitu tocotrienol dan tocopherol. Vitamin E disebut juga dengan vitamin anti mandul, maka dari itu sering-seringlah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Contoh makanan yang mengandung vitamin E yaitu:  buah-buahan, mentega, susu, telur, gandum, pisang, kedelai, alfalfa, minyak jagung, selada, strawberry, buncis, kacang-kacangan, biji, aspragus, ubi jalar, bunga matahari, dan juga sayur berwarna hijau. Selain itu vitamin E juga mempunyai manfaat dan khasiat yang lainnya diantaranya yaitu:
- Manfaat Vitamin E untuk memutihkan Kulit.
Vitamin E ternyata mempunyai peranan yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin E bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, meningkatkan elastisitas kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan juga menlindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.
- Khasiat vitamin E untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Vitamin E ternyata bermanfaat untuk mengatasi masalah sters, mampu meningkatkan kesuburan, meminimalisir serangan jantung koroner, dan juga dapat meminimalisir risiko terserang kanker.
- Manfaat Vitamin E sebagai pelindung sel ddarah merah.
Manfaat vitamin E bagi tubuh yaitu bermanfaat untuk melindungi sel darah merah dari kerusakan. Selain itu vitemin E juga berfungsi untuk melindungai akibat dari kelebihan vitamin A. Tidak hanya itu saja Vitamin E juga melindungi vitamin A dari keruskan, dan juga dapat melindungi dari radikal bebas yang disebabkan oleh bahan kimia, obat-obatan, dan juga logam.
- Khasiat vitamin E sebagai Antioksidan
Vitamin E sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.
Orang kekurangan vitamin E akan mengalami masalah-masalah seperti degeneratif pada otot dan sistem saraf, nyeri di bagian otot betis, kesulitan  berjalan, anemia, gangguan penglihatan, kelainan kuit dan juga retensi cairan. Bagaiman sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat dan fungsi vitamin E untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi yang saya berikan diatas dapat bermanfaat.


Artikel Terkait