Manfaat dan fungsi vitamin B1 untuk kesehatan tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 17, 2014
Kali ini saya akan membahas tentang Manfaat dan Fungsi Vitamin B1 untuk kesehatan tubuh. Vitamin B1 merupakan bagian dari vitamin B kompleks, vitamin B1 adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh manusia, vitamin ini berperan untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung. Vitamin B itu mempunyai kesamaan dengan vitamin Ayaitu sama-sama larut dalam air.
Manfaat dan fungsi vitamin B1 untuk kesehatan tubuh

Dalam bahasa kimia Vitamin B1 disebut dengan Thiamine yang berfungsi sebagai penambah energi.Vitamin B1 memasuki tiap rekasi kimia dalam tubuh manusia, karena itulah vitamin B1 ini berperan penting dalam membantu karbohidrat menjadi glukosa yang menghasilkan energi, dengan begitu kita bisa melakukan aktifitas sehari-hari.
- Manfaat vitamin B1 untuk mencegah penyakit jantung.
Vitamin B1 berfungsi untuk membantu produksi neurotransmitter acetycholine yang biasa dipakai sebagai media penyimpanan pesan antara system saraf dan otot untuk memberikan kepastian jantung bekerja dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan orang yang kekurangan vitamin B1 dapat terserang penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian orang yang kinerja jantungnya terganggu dapat normal lagi dengan cara diberi nutrisi vitamin B1 dalam jangka waktu 7 hari.
- Manfaat vitamin B1 untuk mencegah penyakit beri-beri.
Ketika anda masih sekolah dasar, anda pasti pernah mendengar penyakit dengan cirri-ciri seperti ini: merasa lemah, kurang darah, gangguan pencernaaan makanan, nafsu makan berkurang. Penyakit ini terjadi pada saat kekurangan darah hal ini dikarenakan penyakit ini menyerang syaraf sehingga mengakibatkan gangguan kemampuan motorik. Funsi dari vitamin B1 ini yaitu untuk membantu dalam penyusunan urat syaraf dan mengembalikan fungsi-fungsi otot menjadi baik.
- Manfaat vitamin B1 untuk mengoptimalkan kerja otak.
Jika kita mendapatkan asupan vitamin B1 yang cukup maka kinerja otak kita akan lebih optimal. Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi Vitamin B1 yang dapat memngoptimalkan kinerja otak yaitu 1,1 mg untuk orang laki-laki, sedangkan untuwanita hamil 1,2 mg dan untuk wanita menyusui 1, mg. Tetapi ada juga pendapat lainnya yang menyatakan bahwa vitamin B1 dapat dikonsumsi 50 hingga 100 mg tidak akan mengalami gejala efek samping.
Beberapa sayur-sayuran yang mengandung vitamin B1 diantaranya yaitu sayur terong, sayur bayam, sayur asparagus, sayur brokoli, dan sayur paprika. Sedangkan untuk buah-buahan yang mengandung vitamin B1 yaitu buah jeruk, buah nanas, buah semangka dan buah anggur. Selain itu vitamin B1 juga terdapat pada telur, ikan, daging, gandum dan sereal.
Perlu diketahui kalau mengkonsumsi vitamin jangan sampai kelebihan atau kekurangan karena itu tidak baik untuk kesehatan. Yang baik untuk kesehatan yaitu mengkonsumsi vitamin secukupnya sesuai dengan resep dokter.
Itulah sedikit informasi yang dapat saya bagikan tentang manfaat dan fungsi vitamin B1 untuk kesehatan tubuh, semoga informasi yang saya bagikan diatas dapat bermanfaat.


Artikel Terkait