Manfaat dan khasiat buah mentimun untuk kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 06, 2014
Buah mentimun merupakan buah yang biasa dibuat rujak, dibuat lalap, atau bisa juga langsung dimakan. Banyak orang yang suka dengan buah mentimun, tetapi banyak juga yang belum mengetahui apa saja manfaat dan khasiat buah mentimun untuk kesehatan. Maka dari itulah dalam pembahasan ini saya akan mengulas tentang manfaat dan khasiat buah mentimun.
Manfaat dan khasiat buah mentimun untuk kesehatan

Berikut ini adalah manfaat buah mentimun untuk kesehatan:
- Manfaat buah mentimun untuk memperlancar pencernaan dan mencegah penyakit lambung.
Buah mentimun pada bagian kulitnya mempunyai kandungan serat makanan yang cukup tinggi. Serat makanan berfungsi untuk memperlancar pencernaan dan juga berfungsi mencegah penyakit lambung. Yang berhubungan dengan detoksifikasi usus.
- Manfaat mentimun untuk mengatasi sembelit kronis
Buah mentimun mempunyai kandungan kalori yang sangat rendah yaitu hanya  berkisar 15 gram kalori/ 100 gram. Tidak terdapat kandungan lemak atau kolesterol jenuh, sehingga orang yang sakit sembelit kronis bisa mencoba mengkonsumsi buah mentimun untuk mengatasi sakit sembelit tersebut.
- Manfaat buah mentimun untuk membantu pencernaan mentimun.
Kandungan enzim espirin dalam mentimun dapat membantu pencernaan protein.
- Manfaat buah mentimun untuk mencegah sakit ginjal.
Kandungan air pada buah mentimun berfungsi untuk membantu fungsi ginjal dan dapat melarutkan batu ginjal. Maka dari itulah sangat baik bagi orang yang sakit ginjal atau kandung kemih mengkonsumsi buah mentimun ini.
- Manfaat buah mentimun untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.
Sifat anti inflamasi pada biji mentimun juga sangat efektif untu mengobati pembengkakan pada selaput lendir tenggorokan dan hidung.
- Manfaat buah mentimun sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus.
Tidak hanya buahnya, tetapi biji dari mentimun juga mempunyai manfaat yang sangat baik yaitu mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus.
- Mentimun bermanfaat untuk membersihkan radikal bebas.
Kandungan antioksidan seperti karote, B karoten, lutein dan zea-xanthin berkhasiat untuk membersihkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan.
- Manfaat mentumun untuk mengurangi tekanan darah tinggi.
Dalam buah mentimun itu terkandung kalim/ potassium, 100 gam buah mentimun mengandung 147 miligram kalium. Kalim merupakan senyawa elektrolit yang sangat baik untuk jantung karena mampu mengurangi tekanan darah tinggi, selain itu juga mampu meminimalkan efek natrium sehingga mengurangi denyut jantung.
- Manfaat buah mentimun untuk kecantikan kulit.
Buah mentimun dapat digunakan sebagai masker wajah, sari dari buah mentimun sangat berkhasiat baik untuk kulit wajah.
- Manfaat buah mentimun untuk kesehatan rambut.
Kandungan dalam mentimun seperti sulfur sodium, silikon, kalsium dan fosfor merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan rambut dan bergguna untuk pertumbuhan rambut. Selain untuk pertumbuhan rambut juga berkhasiat untuk mengontrol rontoknya rambut.
Selain manfaat buah mentimun ternyata buah mentimun juga mempunyai efek Samping, apa sajakah efek samping yang ditimbulkan dari buah mentimun?
- Beberapaorang ada ayang menggalami gangguan penceranaan dan masalah gastritis. Hal ini dikarenakan adanya senyawa cucurbitacin.
- Sebagian orang sering yang sering mengkonsumsi mentimun ada yang mengalami alergi pada bagian rongga mulut, rasanya seperti gatal-gatal, bisa juga terjadi pembengkakan. Tetapi masalah tersebut dapat diatasi dengan cara memakan buah mentimun yang dimasak/ tidak dimakan dalam kondisi mentah.
- Sebagian orang yang sering memakan mentimun secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan dan kebotakan.  Hal itu dikarenakan bahan kimia yang terdapat dalam buah mentimun. Solusinya yaitu hindari mengkonsumsi mentimun yang rasanya pait, dan yang kulitnya keriput.
Manfaat dan kandungan buah mentimun ternyata cukup banyak kan? Selain itu juga ada efek sampingnya juga. Semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan anda.


Artikel Terkait