Manfaat Tersembunyi Dari Daun Sukun Bagi Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 20, 2015
Manfaat daun sukun untuk kesehatan – hingga sekarang ini, biasanya seseorang hanya memanfaatkan manfaat dari buah sukun. Yang merupakan tanaman dengan bentuk buahnya yang mirip dengan durian ataupun nangka ini umumnya digunakan untuk camilan serta pengganti beras. Namun bukan hanya pada buahnya yang bisa bermanfaat baik untuk tubuh, daun dari sukun juga bisa anda gunakan untuk berbagai pengobatan. Berikut ini Manfaat daun sukun untuk kesehatan.
Manfaat Tersembunyi Dari Daun Sukun Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Daun Sukun.
Saat ini, biasanya bagian daun sukun ini dipakai sebagai pakan ternak. Dan masih jarang sekali orang yang menyadari terhadap kegunaan lain pada daun sukun tersebut. Padahal khasiat dari daun sukun sendiri memang sangatlah banyak. Karena Daun sukun tersebut mengandung kalium, sehingga sangat berguna dan dapat menguraikan adanya batu ginjal sehingga dapat larut dengan mudah serta keluar dari tubuh bersamaan dengan urine. Disamping itu, senyawa-senyawa didalamnya juga berguna seperti : Asam amino esensial, Riboflavin (vitamin B2), Kalium, Hidrosianat, Tannin, Asteilcolin, dan Polifenol.
Sehingga dengan kandungan nutrisi yang sebanyak ini, pasti saja fungsi dari daun sukun jangan diremehkan. Disamping senyawa-senyawa yang telah disebutkan di atas, pada daun sukun juga telah mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Sukun sebagai obat

1. Daun sukun untuk panu, dan biasanya digunakan di Kepulauan Pasifik.
2. Mampu Mengobati sariawan, sehingga biasanya dimanfaatkan di Negara India dengan metode menghancurkan daun sukun lalu langsung ditempelkan pada bagian mulut yang telah terkena sariawan.
3. Dapat Mengatasi pegal, dan orang Betawi juga biasa menggunakan rendaman dari daun sukun tersebut untuk merendam kakinya.
4. Manfaat daun sukun untuk jantung.
Dalam penyakit jantung juga mempunyai penyebab yang bermacam-macam. Tetapi, yang paling sering adalah penyakit jantung tersebut terjadi disebabkan adanya tekanan darah dalam tubuh. dan Daun sukun dapat mengobatinya dengan metode :
menjemur daun sukun sampai kering dan Rebus daun sukun tersebut dalam panci dengan 5 gelas air hingga tersisa setengahnya. Dan saring air tersebut lalu minum secara rutin. Cara ini akan sangat mengurangi penyakit jantung tersebut. demikian artikel terkait Manfaat daun sukun untuk kesehatan. Mudah-mudahan bermanfaat.


Artikel Terkait