Inilah Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 17, 2015
Khasiat dan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan - Sirih adalah tanaman asli dari Indonesia yang tumbuhnya merambat ataupun bersandar di batang pohon lain. Dan sebagai budaya, maka daun dan buahnya bisa dimakan dengan mengunyahnya bersamaan dengan gambir, pinang serta kapur. Tetapi mengunyah sirih sudah dikaitkan dengan kanker mulut sekaligus pembentukan dari squamous cell carcinoma dengan bersifat malignan. Berikut ini ulasan dari Khasiat dan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan.
Inilah Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat daun sirih telah dipercaya sejak zaman nenek moyang untuk kesehatan tubuh, bahkan penelitian baru-baru ini juga menunjukkan manfaat yang telah dimilikinya khususnya pada daun sirih merah. Dengan ciri khas tanaman berbatang bulat hijau agak keunguan serta tidak berbunga. Pada permukaan dari daun sirih merah warnanya mengkilap serta tidak merata bahkan sebagai bahan produksi teh merah yang daunnya membentuk jantung hati atau bagian atasnya meruncing.

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan

Manfaat daun sirih untuk mengobati keputihan

Manfaat dari daun sirih merah tersebut digunakan sebagai pengobatan keputihan sekaligus menjaga organ kewanitaan, sebab salah satu khasiat daun sirih merah ialah sebagai antiseptic. Caranya hanya dengan merebus 7-10 helai dari daun sirih merah, dan gunakan air rebusan guna membilas organ kewanitaan. Selain itu khasiat lainnya misalnya obat tradisional dalam mengatasi penyakit kencing manis, hepatitis, kanker, asam urat, magh, kelelahan, dll. Air rebusannya tersebut yang mengandung antiseptic bisa digunakan sebagai penjaga kesehatan rongga mulut sekaligus menyembuhkan penyakit keputihan atau bau kurang sedap.
Namun, selain bersifat antiseptic, daun sirih merah juga dapat dipakai dalam mengobati penyakit diabetes, caranya dengan meminum air dari rebusan sirih merah secara rutin setiap hari guna menurunkan kadar gula dalam darah hingga pada jumlah yang normal.

Manfaat daun sirih untuk mengobati diabetes

Dengan Petik tiga lembar dari daun sirih merah yang sudah setengah tua serta daun keenam ataupun ketujuh dari pucuk. Lalu Cuci bersih seluruh daun, dan iris kecil-kecil. Selanjutnya rebus dengan tiga gelas air (600 ml) hingga mendidih dan sampai tersisa 1,5 gelas. Konsumsi sehari tiga kali saat sebelum makan, untuk sekali minum sebanyak setengah gelas. Demikian artikel terkait Khasiat dan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan. Mudah-mudahan bermanfaat.


Artikel Terkait