Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi Berlimpah Serta Menyehatkan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 18, 2015
Manfaat dan khasiat daun kemangi – siapa yang tidak kenal dengan kemangi? Kemangi merupakan tumbuhan yang kecil yang biasanya daunnya di makan untuk lalap, biasanya pula di gunakan untuk bumbu pepes, karena kemangi tersebut mempunyai aroma yang kuat. Khas tetapi lembut dengan sedikit aroma limau. Biasanya jika di gunakan untuk lalap kemangi ini di sandingkan dengan irisan kentimun dan juga daun kubis kemudian ada sambal bersama ikan goreng ataupun ayam goreng. Di daerah Thailand juga sering di ketemukan dalam masakan setempat disana tumbuhan ini di namakan dengan manglak. Kemangi ini juga di kenal dengan O. basilicum var. anisatum benth, aroma yang khas tersebut karena ada kandungan sithral didalamnya.
Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi Berlimpah Serta  Menyehatkan

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Biasanya tumbuhan kemangi ini batangnya memiliki cabang yang banyak, tinggi tanaman ini bisa mencapai hingga pada 100 cm dan berbentuk perdu, bunga kemangi ini tersusun di tandan yang tegak, serta daun yang tegak, panjang dan juga berbentuk bulat telur, ujung daun biasanya tumpul dan tajam, panjangnya hingga 5 cm.
Berikut Manfaat dan khasiat daun kemangi
1. Melancarkan Aliran darah, mengkonsumsi daun kemangi ini dapat melancarkan aliran darah karena terdapat kandungan magnesium yang  tedapat di dalam kemangi akan dapat membantu membuat pembuluh darah serta jantung akan menjadi rileks, dan aliran dalam tubuh pun akan lancar.
2. Manfaat kemangi untuk kesuburan dapat mencegah kemandulan , di karenakan kemangi ini memiliki kandungan zat arginine yang memang berfungsi untuk membuat daya hidup sperma akan semakin kuat, tentu dapat mencegah kemandulan tersebut.
3. Menjaga kesehatan organ jantung, daun ini mengandung magnesium dan juga di lengkapi dengan betakarotin guna menjaga kesehatan jantung, ini merupakan mineral penting yang di butuhkan oleh jantung
4. Meningkatkan kekebalan tubuh. Guna memperbaiki kekebalan tubuh dapat dengan mengkonsumsi daun kemangi tersebut betakarotin tersebut juga berfungsi untuk meningkatkan anti bodi, betakarotin tersebut juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.
Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun kemangi untuk Tubuh kita. Semoga Informasi tersebut bermanfaat untuk Anda. Lihat juga artikel kami tentang Manfaat daun sirih untuk kesehatan.


Artikel Terkait