9 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 09, 2015
Manfaat buah melon untuk kesehatan – Buah yang bentuknya seperti labu ini ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh antara lain :Melon mengandung kalium dan potassium yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga darah agar tetap stabil dan menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu melon  termasuk buah yang baik dikonsumsi oleh tubuh karena rendah kalori dan rendah lemak. Kalium yang dibutuhkan tubuh manusia dalam sehari sebanyak 4700 mg, sedangkan dalam secangkir buah melon mengandung 43 mg kalium. Manfaat buah melon yang akan kita bahas kali ini ada 9 manfaat diantaranya  :
9 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah melon untuk kesehatan

Melon bisa mencegah diabetes, karena melon mengandung gula alami dan juga air, sehingga bisa mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu melon bisa menyehatkan mata, karena mengandung beta karoten  yang digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Melon juga bisa untuk mencegah kanker karena di dalam semangka terdapat karatenoid yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya sel tidak normal yang menyebabkan kanker. Karena melon mengandung serat dan air maka melon bisa memperlancar pencernaan tubuh. Bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus. Menurut penelitian, Manfaat buah melon untuk kesehatan itu mengandung likopen yang mampu mencegah serangan jantung dan menurunkan resiko terkena kanker. Kandungan likopen sebanyak 9-13 mg dalam secangkir jus melon.
Melon juga mengandung berbagai vitamin, diantaranya sumber Vitamin C. Fungsi vitamin C adalah sebagai anti oksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, juga untuk kekebalan tubuh. Dalam sehari, tubuh manusia memerlukan vitamin C sebanyak 90 mg. Dan dalam satu cangkir jus melon mengandung 30 mg. Melon juga menjadi sumber vitamin A. Tubuh manusia memerlukan vitamin A untuk berbagai perkembangan dan penjagaan kesehatan seperti mata, gigi, kulit, tulang dan jaringan kulit. Kebutuhan tubuh terhadap vitamin A bisa dipenuhi sebanyak 25% dari mengkonsumsi 1 buah melon.
Sekarang ini melon juga digunakan untuk kecantikan. Melon bisa digunakan sebagai masker wajah yang berfungsi untuk menyegarkan wajah bahkan bisa menghilangkan flek-flek hitam, karena melon mengandung kolagen yang berfungsi meregenerasi kulit dan juga mengangkat sel-sel kulit yang telah mati.
Itulah 9 Manfaat buah melon untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi melon kita bisa menghindari berbagai macam penyakit, tidak mudah sakit dan bisa kelihatan tetap segar.


Artikel Terkait