Manfaat Yang Ada Dalam Bayam Untuk Kesehatan Tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 20, 2015
Manfaat dan kandungan gizi bayam untuk tubuh – sayur yang satu ini merupakan makanan super yang kandungan nutrisinya juga sangat banyak. Maka tidak mengherankan jika bayam menjadi salah satu sumber kekuatan. Bayam juga merupakan salah satu sayuran yang dimanfaatkan bagian daunnya untuk dikonsumsi. Bagian daun bayam juga biasa dimasak dengan dijadikan sayur bening. Tetapi sekarang ini masakan bayam semakin beraneka, hingga ada yang memasaknya menjadi sebuah keripik.
Manfaat Yang Ada Dalam Bayam Untuk Kesehatan Tubuh

Terdapat kandungan nutrisi yang dalam 100 gram dari daun bayam ialah 2,3 gr protein; 3 gram zat besi; 3,2 gram karbohidrat; ditambah 81 gram kalsium. Dalam bayam juga kaya terhadap berbagai macam vitamin serta mineral, diantaranya vitamin A, C, niasin, natrium, thiamin, fosfor, riboflavin, kalium dan magnesium.

Manfaat dan kandungan gizi bayam

Manfaat bayam untuk diet

Bila Anda sedang dalam program diet, sayur bayam merupakan asupan yang perlu Anda konsumsi. Karena bayam mengandung 20% serat makanan yang baik untuk membantu proses pencernaan, mencegah adanya sembelit, mampu mempertahankan gula darah tetap rendah.

Manfaat bayam untuk kanker

Pada daun bayam juga terdapat kandungan flavonoid, yang merupakan sebuah phytonutrisi yang mempunyai sifat anti-kanker. Terdapat sebuah studi yang menunjukkan jika flavonoid bisa mencegah terjadinya pembelahan terhadap sel kanker di perut, kanker prostat serta sel kanker kulit. Asupan flavonoid pada bayam telah terbukti menurunkan risiko adanya kanker sebesar 34% khususnya pada kanker payudara, dan kanker rahim.

Manfaat bayam untuk mata

Mengkonsumsi sayur bayam bisa membantu mata supaya terhindar dari katarak serta degenerasi makula. Hal tersebut karena terdapat kandungan karotenoid, merupakan salah satu antioksidan yang mampu menjaga kesehatan mata anda.

Manfaat bayam untuk tulang

Bukan hanya bukan hanya untuk kesehatan mata, sayur bayam juga bisa menjaga kesehatan tulang. Karena dalam bayam juga mengandung vitamin K yang sangat tinggi. Vitamin K tersebut sangat penting dalam mencegah pengeroposan tulang. Demikian artikel terkait Manfaat dan kandungan gizi bayam untuk tubuh. semoga bermanfaat.


Artikel Terkait