Inilah Manfaat Buah Oyong Yang Belum Banyak Diketahui

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 18, 2015
Manfaat Buah Oyong Untuk Kesehatan – buah oyong atau yang terkenal dengan nama gambas ini memang rasanya lezat sebagai sayuran alternatif yang banyak mengandung gizi. Dan Oyong atau gambas umumnya digunakan sebagai masakan sayur bening ataupun sop yang disajikan dengan keadaan hangat. Menurut orang tua dulu, selain banyak mengandung gizi, buah oyong juga dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit sekaligus dapat menurunkan panas yang tinggi ataupun demam. Berikut ini Manfaat Buah Oyong Untuk Kesehatan.
Inilah Manfaat Buah Oyong Yang Belum Banyak Diketahui

Selain mengandung serat, oyong juga mengandung banyak senyawa kimia yang juga baik bagi kesehatan diantaranya saponin triterpen, citruline, luffein, cucurbitacin dll. Kandungan kalorinya sangat rendah, dan rata-rata hanya sekitar 19 kalori untuk 100 gram, hal ini karena mengandung banyak kandungan air.

Manfaat buah oyong untuk kesehatan

1. Buah Oyong Untuk Penyakit Asma.
Untuk mengobatinya, sediakan Oyong yang masih muda berserta tangkainya selanjutnya buatlah jus. lalu minumlah jus dari oyong tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari dengan teratur.
2. Bisa Melancarkan Peredaran Darah.
Caranya dengan menyediakan oyong 250 gram serta jamur kuping hitam sejumlah 20 gram, dan masaklah sesuai selera karena bisa berkhasiat dalam melancarkan peredaran darah dalam tubuh.
3. Mampu Memperbanyak Asi.
Selain itu buah Oyong juga sangat baik untuk ibu-ibu menyusui sebab mampu memperbanyak ASI. Hanya dengan cara setiap 6 gram dari bubuk oyong, ditambah ½ gelas dari air panas, selanjutnya minum 1-2 kali dalam satu hari.
4. Untuk Penyakit Radang Usus
Hanya dengan menyediakan oyong yang telah tua secukupnya. Dan pangganglah Oyong sampai kering dan tumbuklah agar halus. Dan untuk setiap 20 gram dari bubuk oyong akan diseduh dengan air panas sebanyak ½ gelas selanjutnya minumlah maksimal 2 kali dalam sehari.
5. Untuk Penyakit Radang Kelenjar Telinga.
Gunakan oyong 500 gram yang telah dipotong kecil-kecil dengan sambiloto 50 gram, lalu rebuslah keduanya dengan air sebanyak 2 liter, dan biarkan hingga air tersebut tersisa 500 cc, konsumsilah maksimal 3kali dalam sehari. Demikian artikel terkait Manfaat Buah Oyong Untuk Kesehatan. Semoga membawa manfaat bagi anda. Baca juga manfaat dan khasiat buah mentimun untuk kesehatan.


Artikel Terkait