Cara Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - April 21, 2017
Cara Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap - Dalam kehidupan sehari-hari, jika mengalami bau mulut tidak sedap pastinya akan mengganggu aktifitas kita terlebih kalau kita bicara dengan orang yang penting dalam hidup kita. Dengan bau mulut yang tidak sedap tentunya akan mengurangi rasa percaya diri dan membuat lawan bicara kita menjadi tidak merasa nyaman.
Cara Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

Sebelum kami bahas tentang cara menghilangkan bau mulut tak sedap, terlebih dahulu kita perlu tahu tentang beberapa hal yang dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap. Berikut ini penjelasannya.
Penyebab bau mulut tidak sedap
- Gigi Berlubang
Gigi berlubang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan bau mulut. Hal tersebut disebabkan karena adanya penumpukan sisa-sisa makanan di bagian sela gigi yang berlubang. Dengan adanya penumpukan sisa-sisa makanan tersebut makan akan mengalami pemmbusukan dan menyebabkan sakit gigi, gusi bengkak, infeksi dan juga bau mulut yang tidak sedap.
- Merokok
Merokok, selain dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, juta dapat membuat bau mulut menjadi tidak sedap. Untuk itu mulai sekarang berhentilah merokok untuk menjaga kesehatan tubuh kalian dan mulut kalian.
- Pemakaian Gigi Palsu atau Behel
Memasang gigi palsu atau behel dapat mengakibatkan bau mulut tak sedap. Hal tersebut dikarenakan kawat gigi yang dipakai untuk menekan gigi akan menyulitkan dalam membersihkan gigi secara merata.
- Tidak Sarapan Pagi
Biasanya ketika sudah agak siang dan kita paginya tidak sarapan mulut kita pasti akan bau tidak sedap. Hal itu disebabkan karena di dalam mulut terdapat bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Untuk itu dengan sarapan pagi maka mulut akan lebih meningkat untuk memproduksi air liur sehingga bakteri akan mati karena air liur yang meningkat tersebut. Selain manfaat tersebut, ari liur juga bermanfaat baik untuk pencernaan.
- Peradangan pada gusi
Jika mengalami peradangan pada gusi, janganlah anggap itu sepele. Selain bisa membuat mulut berbau tidak sedap juga bisa menyebabkan sakit jantung. Awalnya radang gusi disebabkan karena plak gigi atau plak bakteri yang menempel gigi.
- Mengalami Sariawan
Pada saat mengalami sariawan, umumnya pada mulut terjadi infeksi yang mengakibatkan nanah yang dapat membuat mulut berbau tidak sedap.
Itulah penyebab bau mulut tidak sedap, setelah kita tahu penyebabnya maka selanjutnya kita bahas tentang cara menghilangkan bau mulut tidak sedap, berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

- Menggosok gigi secara teratur
Salah satu dasar untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap ialah dengan cara menggosok gigi. Karena itulah menggosok gigi merupakan sebuah keharusan. Apabila kalian ingin menghilangkan bau mulut, dari sekarang mulailah membiasakan untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari agar gigi sehat dan tidak berbau tak sedap.
- Konsumsi Vitamin C
Vitamin C bisa membunuh tumbuhnya bakteri yang membuat bau mulut menjadi tidak sedap. Untuk memperoleh vitamin c kita bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti tomat, jeruk dan lain-lain.
- Banyaklah Minum Air Putih
Manfaat air putih bagi mulut yaitu untuk menjaga kestabilan air dalam tubuh, selain itu bisa menghilangkan bau badan. Selain itu dengan banyak minum air putih bisa membuat tubuh menjadi lebih segar.
-  Tinggalkan rokok dan alkohol
Apabila kalian merupakan orang memperhatikan kesehatan, maka rokok dan alkohol merupakan hal  yang tidak ada manfaatnya. Justru rokok dan alkohol tersebut dapat membuat kesehatan menjadi memburuk dan juga membuat bau mulut menjadi tidak sedap, untuk itu tinggalkan rokok dan jauhi alkohol dari sekarang.
- Konsumsi Buah-Buahan
Sering makan buah-buahan maka air liur di dalam mulut menjadi meningkat karena dalam buah banyak mengandung air serta vitamin c. Contoh buah-buahan tersebut yaitu apel, pear, lemon, jambu dan lain-lain. Buah dengan serat yang tinggi dapat membuat gigi menjadi bersih selain itu dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat.
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang Cara Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap, semoga bermanfaat untuk kalian.


Artikel Terkait