Manfaat Dan Khasiat Buah Duku Untu Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 10, 2014
Buah Duku adalah buah yang berasal dari Kawasan Asia Tenggar bagian barat. Buah duku ada banyak sekali jenisnya seperti pisitan, kokosan, celoring, langsat dan masih banyak yang lainnya. Bauah Duku tergolong suku Meliaceae. Banyak yang beranggapan bahwa buah ini adalah buah yang mempunyai kandungan pahit ketika dimakan. Sebenarnya yang pahit dari buah duku adalah bijinya, jika bijinya tergigit maka rasanya akan terasa pahit. Tetapi tidak disangka dan diduga kalau ternyata buah duku ini mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Oleh sebab itu pada blog ini saya membahas tentang Manfaat dan Khasiat Buah Duku Untuk Kesehatan.
Manfaat Dan Khasiat Buah Duku Untu Kesehatan

Buah duku adlaah buah yang bermanfaat untuk kesehatan tetapi banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari buah duku ini, berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah duku Untuk Kesehatan.
- Buah duku bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Itu karena buah duku mempunyai kandungan serat yang tinggi/ dietary fiber. Selain itu buah duku juga dapat mencegah penyakit kanker kolon serta dapat membersihkan tubuh dari radikal bebas yang merupakan penyebab penyakit kanker. Buah duku juga mempunyai kandungan kalori, mineral dan zat besi yang tinggi jika dibandingkan dengan buah apel dan jeruk manis.
- Buah duku bermanfaat untuk memperkuat gigi, karena dalam buah duku mempunyai kandungan fosfor.
- Buah duku bermanfaat sebagai penurun demam panas, obat cacingan, dan dapat membantu mengurangi diare. Cara pemanfaatan buah duku yaitu sediakan biji buah duku, setelah itu ditumbuk hingga halus. Jika sudah dicampur dengan sedikit air. Jika sudah maka siap untuk diminum satu hari sekali, dan sekali minum takaran seperempat gelas.
- Buah duku bermanfaat untuk mengobati gigitan serangga berbisa, obat malaria, serta obat disentri. Cara pemanfaatannya yaitu: sediakan tepung kulit kayu buah duku. Tepung kulit kayu duku yaitu sejenis serbuk putih yang biasanya tertempel pada kulit kayu buah duku. Oleskan tepung kulit kayu buah duku pada bagian yang sakit/ tergigit serangga.
- Kulit buah duku dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dengan cara mengeringkan kulit buah duku tersebut.
- Beberapa orang mempercayai jika pohon duku bermanfaat untu mengobati dan membasmi sel-sel kanker. Untuk Mencegah penyakit kanker baca artikel: Manfaat Buah Manggis Untuk Menjaga Kesehatan.
Karena sudah mengetahui Manfaat dan Khasiat Buah Duku Untuk Kesehatan, maka tidak ada alasan lagi untuk menyia-nyiakan buah duku sebagai obat . Demikain yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.


Artikel Terkait