Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 10, 2014
Manfaat Daun Sirih - Nama latin dari daun sirih adalah Piper Betle. Sirih adalah tumbuhan yang tumbuh merambat dan bersandar pada pohon lain. Sirih dpaat tumbuh hingga mencapai 15 meter, batang dari tanaman sirih ini berbentuk bulat dan berwarna kecoklatan dengan corak ruas-ruas pada bagian atas batangnya layaknya pohon bambu, pada bagian inilah tempat dimana akar dari tumbuhan sirih. Dalam pembahasan ini yang akan saya bahas adalah pada bagian daunnya. Bentuk daun tanaman sirih berbentuk Jantung, dengan bentuk berselang-seling dan pada ujungnya lancip. Jika duan sirih ini diremas akan mengeluarkan bau yang khas dan segar.
Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Pada zaman dahulu orang banyak memanfaatkan daun sirih untuk dijadikan kunyahan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tanaman daun sirih adalah tanaman yang wajib ada setiap harinya. Biasanya daun sirih ini dikonsumsi bersamaan dengan gambir, kapur dan pinang. Mengkonsumsi daun sirih dengan cara tersebut dipercaya mampu membuat gigi menjadi lebih sehat, tahan lama dan jarang berlubang. Untuk Khasiat atau Manfaat daun sirih selengkapnya silahkan anda simak penjelasan berikut ini:
- Daun sirih bermanfaat menghilangkan bau ketiak.
- Air rebusan daun sirih bisa digunakan untuk membersihkan mata.
- Daun sirih hijau juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit keputihan. Caranya yaitu rebus daun sirih secukupnya. Minum airnya dan juga di gunakan untuk membasuh bagian yang keputihan.
- Daun sirih dapat digunakan untuk mengobati gigi dan gusi yang bengkak. Caranya yaitu dengan mengunyah daun sirih hijau seperlunya. Selain cara itu juga dapat menggunakan cara: berkumur dengan rebusan daun sirih.
- Daun sirih bermanfaat untuk obat sariawan yaitu dengan cara mengunyah daun sirih hijau atau dapat juga dengan berkumur dengan air rebusan daun sirih hijau.
- Daun sirih dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar yaitu dengan cara panaskan daun sirih hijau hingga layu kemudian ditempelkan pada luka bakar.
- Daun sirih berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan cara berkumur dengan rebusan Sirih Hijau secara rutin.
- Daun sirih hijau berkhasiat untuk menghilangkan penyakit gatal-gatal pada kulit yaitu dengan cara membalurkan tumbukan daun sirih hijau, ke bagian tubuh yang terasa gatal.
- Daun sirih berkhasiat untuk mengatasi mimisan/ hidung keluar darah terus menerus. Caranya yaitu dengan menggulung daun sirih hijau, kemudian disumpalkan dihidung, makan darah akan berhenti keluar.
- Ternyata tanaman sirih hijau dapat mengusir nyamuk, semut, lalat dan serangga yang lainnya. Serangga akan menyingkir dari tanaman sirih hijau.
- Daun sirih hijau juga dapat memperlancar haid yang tidak teratur, yaitu dengan cara meminum air rebusan daun sirih.
- Daun sirih hijau dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah. Dengan cara meminum rebusan daun sirh maka kuman penyebab demam berdarah akan mati. Dapat juga mengoleskan gilingan daun sirih hijau ke tubuh, maka nyamuk penyebab demam berdarah tidak akan berani untuk menggigit tubuh.
- Cairan daun sirih hijau dapat dimanfaatkan untuk menyemprot hama/ membasmi hama tanaman, bagusnya cairan daun sirih hijau tidak akan merusak/ mematikan tanaman.
- Daun sirih dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan.
- Daun sirih dapat diguanakan untuk mengobati Asma
Baca juga artikel:Manfaat dan khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan.
Semoga setelah membaca artikel yang berjudul Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan ini, anda tergerak untuk menanam tumbuhan sirih dipekarangan.


Artikel Terkait