Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 25, 2014
Buah kurma merupakan buah dari pohon jenis Palma, buah ini identik dengan Masyarakat arab. Dalam bahasa arab buah kurma dikenal dengan nama Tamr dan bahasa lagin buah kurma yaitu Phoenix dectylifera. Mengenai asal mula pohon kurma belum diketahui secara pasti, tetapi banyak orang yang menyakini kalau pohon buah kurma berasal dari tanah sekitar sungai Nil dan juga sungai Efert. Buah kurma mengandung Gula sekitar 80%, selebihnya mengandung lemak, protein, mineral, magnesium, besi, tembaga dan Asam Float. Buah kurma mengandung banyak serat, maka dari itu Nabi menganjurkan kepada kita untuk mengkonsumsi buah kurma pada saat berbuka berpuasa. Karena itulah pada kesempatan ini saya akan memberikan artikel Tentang Manfaat buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh.
Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Sekarang ini kita bisa menemukan buah kurma yang dijual di pasar buah ataupun di supermarket. Jadi sangat mudah jika kita ingin memebeli dan memakan buah kurma. Berikut ini adalah Manfaat Buah kurma bagi kesehatan tubuh:
- Buah kurma mengandung kalsium yang merupakan mineral penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Selain itu kalsium juga dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan juga konduksi impuls safat.
- Manfaat buah kurma sebagai pelindung untuk enzim dan antioksidan superoksida dismutase hal ini karena buah kurma mengandung mangan.
- Kandungan tembaga dalam buah kurma dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.
- Buah kurma mengandung vitamin K yang sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolism tulang. Selain itu juga mengandung vitamin B komplek yaituasam pantotenat, pridoksin (vitamin B-6) dan riboflavin. Vitamin ini bermanfaat untuk membantu tubuh dalam metabolisme lemak, protein dan karbohidrat.
- Buah kurma bermanfaat dalam pertumbuhan tulang karena mengandung magnesium.
- Kandungan serat dalam buah kurma bermanfaat untuk mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Selain itu juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang bisa mengakibatkan kanker pada usus besar.
- Masyarakat Arab badui yang mengkonsumsi kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari penyakit jantung dan kanker.
- Buah kurma bermanfaat untuk memperlancar buang air besar dan juga dapat mencegah konstipasi.
- Buah kurma merupakan sumber vitamin A yang diketahui mempunyai sifat antioksidan dan sngat berguna sekali untuk kesehatan mata. Selain itu vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga kulit agar tetap sehat. Mengkonsumsi buah alami yang mengandung banyak vitamin A dipercaya dapat membantu melindungi kanker paru-paru dan juga rongga mulut.
- Buah kurma memunyai kandungan antioksidan atau yang disebut tinin.Tinin dipercaya bersifat anti hemoragik, anti inflamasi dan anti infeksi.
- Kandungan kalium dalam kurma adalah merupakan komponen yangpenting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung, sehingga terhindar dari penyakit jantung koroner dan juga penyakit stroke.
- Buah kurma adalah sumber zat besi yang baik. Zat besi yaitu komponen dari hemoglobin di sel darah merah yang berfungsi sebagai penentu daya dukung oksigen darah.
Itulah beberapa Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh. Sekarang sudah tahu kan kalau mengkonsumsi buah kurma itu bisa memberikan energi untuk tubuh kita dan juga membuat tubuh kita lebih sehat.


Artikel Terkait