Manfaat Tumbuhan Paku Untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - January 10, 2014
Pada pembahasan kali ini saya akan menyampaikan tentang Manfaat Tumbuhan Paku Untuk Kesehatan. Tumbuhan paku tersebar di seluruh muka bumi kecuali pada daerah gurun pasir dan daerah salju abadi. Tumbuhan Paku sering disebut dengan paku-pakuan adalah kelompok tumbuhan dengan sistem pembuluh sejati/ Tracheophyta yaitu mempunyai pembuluh tapis dan pembuluh kayu. Namun tidak bisa menghasilkan biji untuk reproduksi. Untuk melakukan perkembangbiakan generatifnya tumbuhan paku ini yaitu dengan spora seperti pada tumbuhan lumut dan jamur.
Manfaat Tumbuhan Paku Untuk Kesehatan

Sebetulnya terdapat banyak sekali jenis tumbuhan paku. Diprediksikan spesies tumbuhan paku ini mencapai 10.000 yang tersebar di selurh dunia. Yang tersebar di Indonesia diperkirakan sekitar 3.000 . Sebelum saya membahas tentang Manfaat Tumbuhan Paku terlebih dahulu saya kasih sedikit gambaran mengenai Ciri-ciri tumbuhan paku. Berikut ini adalah ciri-ciri tumbuhan paku:
1. Tumbuhan paku bisa hidup disegala tempat, di tempat kering, tempat lembab, tempat terbuka dan dapat juga di air.
2. Habitat tumbuhan paku di darat, diperairan dan ada juga yang menempel.
3. Tumbuhan paku tidak sama dengan lumut, karena tumbuhan paku sudah mempunyai akar, batang, dan daun sejati, sehingga tumbuhan paku tergolong kormophyta berspora.
4. Ketika usia muda, umumnya daun tumbuhan paku bersisik dan menggulung.
5. Secara anatomi baik pada akar, batang dan daun tumbuhan paku sudah mempunyai berkas pembuluh angkut yaitu xilem dan Floem. Xilem bermanfaat sebagai pengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun untuk proses fotosintesis. Floem berfungsi untuk menyebarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan.
6. Pada metagenesis/ siklus hidup tumbuhan paku terdapat fase sporofit yaitu tumbuhan paku sendiri. Pada metagenesis fase sporofit mempunyai sifat yang lebih dominan daripada fase gametofitnya.
7. Dalam hidupnya tumbuhan paku bisa bereproduksi secara aseksual yaitu dengan pembentukan gemmae dan reproduksi seksual dengan peleburan gamet jantan dan gamet betina.
8. Tumbuhan paku mempunyai klorofil sehingga cara hidupnya hidupnya fotoautotrof.
Di bawah ini adalah Beberapa Manfaat dari Tumbuhan Paku:
1. Tumbuhan paku mempunyai manfaat sebagai bahan obat-obatan. Contohnya: Aspidium sp, Dryopteris filix mas, dan Lycopodium clavatum.
2. Tumbuhan paku dapat digunakan sebagai tanaman hias, contohnya paku tanduk rusa/ platycerium bifurcatum.
3. Tumbuhan paku dimanfaatkan untuk membuat karangan bunga, contohnya: Lycopodium cernuum.
4. Tumbuhan paku dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk hijau, contohnya: azolla piƱata.
5. Tumbuhan paku bermanfaat sebagai sayuran contohnya: pteridium aqualium dan semanggi (marsilea crenata).
Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Manfaat Tumbuhan Paku Untuk Kesehatan, semoga dapat bermanfaat.


Artikel Terkait