Manfaat Kartu Pra Kerja

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 26, 2020

Manfaat kartu pra kerja - Kartu pra kerja merupakan kartu yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai bentuk program bantuan berupa biaya untuk pengembangan kompetensi pra kerja. Pra kerja yang dimaksud yaitu meliputi para pencari kerja, pekerja yang kena PHK, dan yang memerlukan peningkatan keterampilan. Dengan kata lain kartu pra kerja ialah kartu yang diterbitkan pemerintah yang digalangkan untuk program pelatihan dan pengembangan bagi warga negara Indonesia yang butuh peningkatan ketarampilan.

Pada industri 4.0 kartu pra kerja dinilai cukup efektif sehingga diharapkan dengan adanya kartu pra kerja ini bisa menanggulangi kemiskinan. Setiap pemohon atau pendaftar yang sudah lulus seleksi dan bisa memegang kartu pra kerja, masing-masing akan mendapatkan uang sejumlah Rp. 3.550.000. Jika dirinci bentuk bantuan insentif tersebut diantaranya meliputi:

  1. Biaya pelatihan sebesar Rp. 1.000.000 yang tidak dapat dicairkan.
  2. Insentif setelah pelatihan sebesar Rp. 600.000/ bulan selama 4 bulan.
  3. Insentif survei keberkerjaan sebesar Rp. 150.000.

Dengan bantuan kartu pra kerja ini, maka seseorang yang memiliki kartu pra kerja bisa mengikuti pelatihan atau kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerjanya. Misalnya mengikuti: Pelatihan Barista bagi seseorang yang ingin membuka usaha warung kopi.

Manfaat Kartu Pra Kerja

Manfaat Kartu Pra Kerja
Ada beberapa manfaat dan kegunaan dari kartu pra kerja, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • Bisa membantu dalam meringankan biaya pelatihan yang biasanya ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan.
  • Bisa mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan.
  • Bisa mendorong keberkerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch.
  • Bisa menjadikan komplemen dari pendidikan formal.

Itulah penjelasan tentang manfaat kartu pra kerja yang dapat kami uraikan. Semoga penjelasan tersebut dapat memberikan manfaat.

Baca juga artikel tentang: Manfaat Mengikuti Pelatihan Barista di The Bencoolen Coffee


Artikel Terkait