Khasiat dan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 25, 2013
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan - Jahe merupakan tumbuhan obat tradisional atau yang sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk memasak berbagai makanan dan rasanya tidak kalah enak pastinya. Jahe banyak di jumpai di daerah pedesaan, mungkin di daerah perkotaan agak sulit ditemukan. Kadang kala Jahe digunakan untuk penghangat tubuh, pada saat Cuaca dingin/ musim penghujan. Caranya cukup mudah yaitu siapkan jahe lalu dikupas kulitnya, setelah itu cuci hinggga bersih, lalu di potong-potong kecil. Jika sudah diseduh dengan air mendidih, Minum ketika air keadaan hangat-hangat rasakan perbedaan dan kenikmatannya.
Khasiat dan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Dibawah ini adalah beberapa Manfaat/ Khasiat Jahe Untuk Pengobatan dan Kesehatan:
Manfaat Jahe Untuk pereda flu, pilek dan sakit kepala:
Sudah sejak dahulu jahe dipercaya dapat digunakan sebagai obat sakit kepala, flu dan pilek. Caranya yaitu siapakan jahe segar 500 gr. Setelah itu jahe segar tersebut diiris dan direbus ke dalam air panas kurang lebh selama 20 menit, dan tambahkan gula merah 100 gr. Minum 4-5 kali dalam sehari.
Terkadang ada orang yang menggunakan resep seperti ini: rebus jahe dengan air mendidih untuk membuat the jahe. Untuk penyajiannya ditambahkan irisan buah jeruk/ lemon dan madu. Dapat juga dibuat permen. Selain itu dapat juga dengan metode/ cara merendam kaki hingga pergelangan kedalam air jahe hangat, kemudian tambahkan garam dan cuka.  Kaki direndam hingga berubah menjadi merah, metode seperti ini sangat bermanfaat untukk menghilangkan sakit batuk dan sakit kepala.
Khasiat Jahe untuk tekanan Darah Tinggi:
Untuk mengatasi tekanan darah tinggi caranya yaitu dengan merendam Kaki menggunakan air jahe hangat dalam jangka waktu sekitar 15 menit. Cara seperti ini mampu membantu sirkulasi darah dengan cara refleksologi sehingga tekanan darah menurun.
Obat Alami Kerusakan Gigi Dengan Jahe:
Sebanarnya jahe bisa digunakan untuk mencegah rusaknya gigi. Caranya yaitu dengan rajin minum air jahe hangat/ isitilah jawanya wedang jahe.  Selain itu jahe juga dapat mengatasi orang mabuk pada saat mabuk air jahe dapat meningkatkan sirkulasi untuk membantu menghilangkan etanol dari tubuh. Agar lebih enak dapat ditambahkan madu.
Khasiat Jahe Untuk Mengobati Migren:
Untuk mengobati migren caranya yaitu redam tangan di dalam air jahe hangat kurang lebih selama 15 menitan. Maka akan mengurangi rasa sakit.
Baca juga artikel tentang: Manfaat dan Khasiat Cabai Merah Untuk Kesehatan.
Itulah beberapa Khasiat dan Manfaat Jahe untuk Kesehatan yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini semoga dapat bermanfaat untuk kesehatan kita semua.


Artikel Terkait